Kamis 20 May 2021 10:43 WIB

Usai Liburan, Timnas Basket Kembali Gelar Latihan

Selama Mei ini latihan dilaksanakan sekali sehari di setiap sore.

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih timnas basket putra Wahyu Widayat Jati (ketujuh kanan) bersama pemain, staf pelatih, dan manajer.
Foto: Dok ADHYN17
Pelatih timnas basket putra Wahyu Widayat Jati (ketujuh kanan) bersama pemain, staf pelatih, dan manajer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai liburan lebaran selama 10 hari, Timnas Basket Indonesia proyeksi FIBA Asia Cup 2021 kembali berlatih di GBK Arena Senayan, Jakarta Pusat.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia Wahyu Widayat Jati mengatakan, pemain yang ikut latihan masih sama seperti sebelum Lebaran. Sebanyak lima pemain muda. Mereka adalah Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane.

"Materi latihan hingga akhir Mei ini adalah development skill dan pemahaman permainan sebagaimana yang diinginkan Coach Rajko (Toroman)," ungkap coach Wahyu.

"Sebelum latihan, pemain melakukan tes swab PCR dan hasilnya negatif," lanjutnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (20/5).

Selama Mei ini, lanjut Wahyu, latihan dilaksanakan sekali sehari di setiap sore. Latihan akan diawali dengan stretching. Kemudian dilanjutkan dengan development skill dan pemahaman strategi bermain ala Rajko.

"Di dalam latihan juga mengasah fisik pemain selama 40 menit di awal. Kemudian 30 menit di akhir latihan diisi dengan materi shooting. Setiap latihan, per pemain wajib melakukan tembakan 100 kali," ujarnya.

Dijelaskan arsitek yang karib disapa Cacing ini, latihan shooting 100 kali untuk setiap pemain sebenarnya masih kurang. Dia berharap pemain menambah porsinya sendiri-sendiri. Ini demi mengejar akurasi lebih baik.

"Lebih baik lagi jika pemain menambah porsi latihan menembak sendiri karena 100 kali tembakan setiap latihan itu masih kurang. Semua ini dilakukan untuk mengejar kemampuan para senior mereka yang nanti akan gabung latihan mulai Juni," ujarnya.

Lima pemain muda Timnas Indonesia ini memang disiapkan menjadi pelapis saat Piala Asia Cup 2021 nanti. Diharapkan mereka memiliki kemampuan yang setara dengan pemain inti. Dengan begitu, mereka bisa diandalkan saat Indonesia berjuang di FIBA Asia Cup 2021 Agustus nanti juga FIBA World Cup 2023 mendatang.

Saat ini, para pemain senior masih memperkuat klub masing-masing di IBL Pertamax 2021 hingga akhir Mei. Medio Juni nanti gabungan kekuatan muda dan senior ini akan diuji lebih dulu pada Kualifikasi Jendela III FIBA Asia Cup 2021 pada 16-20 Juni di Filipina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement