Kamis 20 May 2021 05:06 WIB

Permintaan Kedelai Impor di Kudus Melonjak 

Harga kedelai impor di Kudus, Jawa Tengah, naik secara bertahap sejak Februari lalu.

Permintaan kedelai impor di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pasca-Lebaran 2021 justru mengalami lonjakan.(Ilusrasi kedelai)
Foto: ADENG BUSTOMI/ANTARA FOTO
Permintaan kedelai impor di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pasca-Lebaran 2021 justru mengalami lonjakan.(Ilusrasi kedelai)

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Permintaan kedelai impor di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pasca-Lebaran 2021 justru mengalami lonjakan. Harga jual komoditas impor tersebut kembali naik menjadi Rp10.750 per kilogram dari sebelumnya dijual Rp10.000/kg.

"Adanya lonjakan permintaan kedelai impor karena para perajin tahu dan tempe memang memanfaatkan momen syawalan untuk meningkatkan produksinya karena kebiasaan masyarakat membuat aneka masakan untuk perayaan kupatan," kata Manajer Primer Koperasi Tahu-Tempe Indonesia (Primkopti) Kabupaten Kudus Amar Ma'ruf di Kudus, Rabu (19/5).

Baca Juga

Hal itu, kata dia, bisa dilihat dari jumlah permintaan kedelai impor mencapai 30 ton dalam sehari, sedangkan sebelumnya hanya berkisar 15-20 ton per harinya. Meskipun permintaan mengalami lonjakan, kata dia, perajin tahu maupun tempe tidak menikmati keuntungan yang besar karena harga jual kedelainya sudah mengalami kenaikan, sedangkan untuk menaikkan harga jual produknya juga tidak berani.

Untuk bisa menaikkan harga jual tahu dan tempe di pasaran, kata dia, memang tidak mudah karena harus melihat respons pasarnya. Apalagi, daya beli masyarakat saat ini dinilai kian menurun.

 

Harga kedelai impor normalnya berkisar Rp6.500/kg. Secara bertahap, harganya naik hingga menjadi Rp9.800/kg pada pertengahan Februari 2021, Rp10.000/kg pada awal Mei 2021, Rp10.500 ketika Lebaran, dan Rp10.750/kg pasca-Lebaran.

Penyebab kenaikan harganya, kata dia, di antaranya karena adanya kenaikan indeks perdagangan dan keterlambatan masa panen dari negara asal, yakni Amerika Serikat. Untuk stok kedelai tersedia aman karena kebutuhan berapapun masih bisa dipenuhi. Sedangkan stok yang tersedia di gudang hanya 35 ton.

Sementara jumlah pengusaha tahu dan tempe di Kabupaten Kudus diperkirakan mencapai 300-an pengusaha yang tersebar di sejumlah kecamatan, seperti Kecamatan Kota, Jekulo, Kaliwungu, Dawe, Bae, Gebog, Undaan, Mejobo dan Jati.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement