Rabu 19 May 2021 05:44 WIB

Aplikasi-Aplikasi Ini Terbanyak Kumpulkan Data Pengguna iOS

Apple menerapkan label 'Transparansi App Store' pada Desember lalu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Iphone dengan iOS 14.
Foto: renan store
Iphone dengan iOS 14.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple baru-baru ini membuat beberapa perubahan signifikan dalam cara pengembang App Store mengumpulkan data pengguna. Apple menerapkan label 'Transparansi App Store' pada Desember lalu dan kerangka kerja Transparansi Pelacakan Aplikasi iOS 14 pada 26 April.

Pengguna iOS 14 ditanyai izin apakah aplikasi boleh mengumpulkan data pengguna. Sebanyak 96 persen pengguna mengatakan 'tidak'.

Baca Juga

Pada Kamis (13/5), perusahaan intelijen aplikasi 42 matters mengungkapkan statistik tentang kebijakan App Store Apple dan kerangka transparansi. Dilansir dari Techspot, Senin (17/5), Apple memiliki empat kategori umum untuk label privasi aplikasinya.

Empat katagori itu adalah 'Data yang Digunakan untuk Melacak Anda', 'Data yang Ditautkan ke Anda', 'Data Tidak Ditautkan ke Anda', dan 'Data Tidak Dikumpulkan'. Data dapat termasuk dalam lebih dari satu kategori.

Data yang digunakan untuk Melacak adalah data lintas aplikasi yang dikumpulkan oleh aplikasi atau pihak ketiga, seperti riwayat penelusuran Anda. Ini terutama digunakan untuk menargetkan iklan yang diminati.

Dari 1.816.392 aplikasi iOS yang saat ini tersedia di App Store, 99.282 memiliki label ini. Twitter adalah aplikasi paling populer di bawah label ini, dengan lebih dari 8,8 juta unduhan.

Data yang Ditautkan ke Anda adalah salah satu informasi identitas pribadi (PII) Anda terlepas dari apakah itu digunakan untuk iklan atau tidak. Misalnya, data yang dimasukkan ke dalam aplikasi untuk menyiapkan akun termasuk dalam kategori ini.

Ada 191.471 aplikasi dengan label ini. Jadi hampir dua kali lipat 'aplikasi yang melacak Anda' juga mengumpulkan PII. Aplikasi Gmail Google menempati urutan teratas dari aplikasi yang mengumpulkan PII, dengan aplikasi Facebook berada di urutan ketiga.

Data Tidak Ditautkan ke Anda adalah informasi apa pun yang mungkin dikumpulkan aplikasi yang bukan PII. Misalnya, geolokasi atau riwayat penjelajahan. Aplikasi dengan label ini paling melimpah di 218.294. Sebuah gim bernama Subway Surfers adalah aplikasi terpopuler di kategori ini.

Terakhir, Data Tidak Dikumpulkan diterapkan ke aplikasi apa pun yang mencantumkan setidaknya satu jenis data, yaitu alamat email, sebagai tidak dikumpulkan. Ada 215.662 aplikasi dengan label ini.

Aplikasi terpopuler yang tidak mengumpulkan data adalah FNF Ultimate MOD Game, sebuah gim yang telah diunduh lebih dari 3,7 juta kali.

Facebook telah menjadi kritikus Apple yang paling vokal tentang aturan privasi barunya. Menarik untuk melihat bagaimana hal ini mengubah cara perusahaan Big Data seperti Facebook dan Google beroperasi di iOS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement