Pemkab Bandung Kerahkan 105 Angkot untuk Vaksinasi Lansia

Red: Andri Saubani

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) bersama Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna (kiri) beserta jajaran terkait menaiki mobil angkutan untuk warga lanjut usia (lansia) saat kunjungan kerja di Rumah Sakit Otto Iskandar Dinata, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (18/5). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan per harinya sebanyak 250.000 warga lanjut usia (lansia) di Jawa Barat medapatkan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya percepatan vaksinasi bagi lansia yang baru mencapai 8 persen pada pertengahan Mei 2021. Foto: Republika/Abdan Syakura
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) bersama Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna (kiri) beserta jajaran terkait menaiki mobil angkutan untuk warga lanjut usia (lansia) saat kunjungan kerja di Rumah Sakit Otto Iskandar Dinata, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (18/5). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan per harinya sebanyak 250.000 warga lanjut usia (lansia) di Jawa Barat medapatkan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya percepatan vaksinasi bagi lansia yang baru mencapai 8 persen pada pertengahan Mei 2021. Foto: Republika/Abdan Syakura | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kabupaten Bandung di Provinsi Jawa Barat mengerahkan 105 angkot dan lima bus untuk mengantar dan menjemput 742 warga lanjut usia (lansia) menjalani vaksinasi Covid-19. Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, bahwa pengerahan angkot ditujukan untuk memudahkan warga lansia mengakses pelayanan vaksinasi, mendukung percepatan pelayanan dalam kegiatan gebyar vaksinasi lansia yang berlangsung hingga 21 Mei 2021, serta memberikan peluang untuk menambah pendapatan kepada pengemudi angkot.

"Jadi ini semacam padat karya, mengalihkan kegiatan yang rutinitas agar diberikan kesempatan sehingga tidak kehilangan mata pencahariannya," kata Dadang di Bandung, Selasa (18/5).

Baca Juga

Dadang mengatakan, penyediaan pelayanan antar-jemput bagi warga lansia yang hendak menjalani vaksinasi merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mencapai target cakupan vaksinasi Covid-19 pada warga lansia hingga 80 persen pada Desember 2021 mendatang. "Secara populasi, kita terbanyak kedua di Jabar. Sedangkan jumlah total lansia Kabupaten Bandung sekitar 312 ribu jiwa. Kita akan lakukan terus (layanan antar jemput lansia), nanti berkembang ke wilayah Cicalengka dan Cileunyi, di mana merupakan wilayah padat penduduk," kata Dadang.

Dadang mengatakan, bahwa dari 312.789 warga lanjut usia yang menjadi sasaran vaksinasi di Kabupaten Bandung baru sekitar 14 ribu atau 4,5 persen yang mendapat suntikan vaksin Covid-19. Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bahwa secara nasional vaksinasi Covid-19 baru dilakukan pada 2,8 juta orang dari total 21,6 juta warga lansia yang menjadi target vaksinasi.

Dia mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Bandung menyediakan layanan antar-jemput bagi warga lanjut usia yang akan menjalani vaksinasi. "Ide antar-jemput vaksinasi lansia ini merupakan terobosan yang sangat bagus dari Pak Bupati, dan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya," kata Budi saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bandung.

photo
Infografis Vaksin Penting untuk Lansia - (republika.co.id)

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Rendahnya Capaian Vaksinasi Lansia, Angkot Pun Diberdayakan

Kemenlu Sudah Amankan 75,9 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Taiwan dalam Pembicaraan untuk Vaksin Covid dari AS

Menkes: Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Jabar Rendah

Saudi Bolehkan Wisatawan yang Telah Divaksin tak Dikarantina

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image