Selasa 18 May 2021 10:48 WIB

Kemenkominfo: Perbaikan Jaringan di Jayapura Selesai Juni

Kabel optik di utara Jayapura di kedalaman 4.000 meter bawah laut putus.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate.

REPUBLIKA.CO, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memperkirakan, perbaikan jaringan kabel bawah laut serat optik di Jayapura, Provinsi Papua, bisa selesai pada Juni 2021.

"Kita sama-sama ketahui kendala penanganan kabel optik bawah laut yang putus di utara Jayapura di kedalaman 4.000 meter dengan tekanan 400 bar lebih tentu tidak mungkin dilakukan secara manual karenanya dibutuhkan dibutuhkan alat khusus untuk mengangkat dan melakukan penyambungannya kembali," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate di Jakarta, Selasa (18/5).

Saat ini, menurut Johnny, sedang dilakukan pemulihan transmisi data dari Indonesia barat ke timur, dan sebaliknya. Langkah itu untuk mengatasi gangguan telekomunikasi di Papua. Gangguan telekomunikasi di Jayapura terjadi akibat sistem komunikasi kabel laut milik PT Telkom Indonesia ruas Biak-Jayapura putus pada 30 April 2021.

Kabel putus akibat pergeseran lapisan bumi di dasar laut sehingga seluruh layanan Telkom Group terganggu, total trafik sebesar 135Gbps.Sejak 30 April 2021, dilakukan perbaikan layanan internet secara bertahap, antara lain dengan menempatkan cadangan dari satelit, Palapa Ring Timur dan juga penambahan radio.

Informasi terbaru, ketersediaan bandwidth Telkom di Jayapura mencapai 4,7Gbps antara lain dengan link satelit 2.662Mbps, radio long haul Palapa Ring Timur 500Mbps dan radio long haul Sarmi-Biak 1.600Mbps. Kemenkominfo akan membangung Pusat Monitoring Telekomunikasi untuk menyediakan bandwidth yang memadai dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement