Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Jeblok di Kualifikasi, Duet Suzuki Berat di MotoGP Prancis

Ahad 16 May 2021 18:07 WIB

Red: Israr Itah

Duo pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (depan) dan Joan Mir. Mir akan start dari P14 sedangkan Rins di P15 pada grid GP Prancis nanti.

Duo pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (depan) dan Joan Mir. Mir akan start dari P14 sedangkan Rins di P15 pada grid GP Prancis nanti.

Foto: AP/Alberto Saiz
MotoGP Prancis akan berlangsung Ahad (16/5) mulai pukul 19:00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duet tim Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins, kewalahan mengatasi Sabtu (15/5) yang basah dan dingin di Sirkuit Bugatti, Le Mans. Keduanya bakal menghadapi jalan terjal di Grand Prix Prancis yang akan berlangsung Ahad (16/5) mulai pukul 19:00 WIB.

Kedua pembalap gagal masuk sepuluh besar catatan waktu kombinasi tiga sesi latihan bebas dan harus menempuh Q1, tapi tak cukup cepat untuk meraih tiket ke babak kualifikasi kedua (Q2). Mir akan start dari P14 sedangkan Rins di P15 pada grid GP Prancis nanti.

Baca Juga

"Secara umum ini hari yang buruk, tapi ini bukanlah trek terbaik untuk kami, saya rasa P14 di grid tidak menunjukkan potensi saya sebenarnya," kata Mir seperti dikutip laman resmi tim.

Ia menegaskan cukup kuat pada kedua kondisi, basah dan kering. Ia juga merasa kecepatannya cukup baik. Namun Mir kehilangan sejumlah lap pada akhir kualifikasi.

"Mungkin saya terlalu memaksa ban atau hal lain karena trek mengering dengan cepat. Namun ini pengalaman yang berguna dan pelajaran yang akan saya gunakan pada masa depan," kata dia.

Pada awal pekan, Mir sudah mengungkapkan bahwa Suzuki kurang cocok tampil di trek Le Mans yang memiliki karakteristik stop and go, dengan sejumlah tikungan sempit dan bagian yang cepat dan mengalir.

Sementara Rins mengakui melakukan kesalahan strategi di babak kualifikasi. Ia memilih ban depan medium dan belakang soft saat start. Ia memperkirakan, dengan ban belakang medium bakal lebih bisa menekan dan mendapatkan posisi di grid lebih baik.

"Kita lihat cuaca nanti seperti apa, kami bisa mendapati kondisi basah, kering, atau kombinasi keduanya. Jika balapan kering, saya rasa saya memiliki peluang untuk podium karena saya merasa baik di sesi kering dan pengaturan dasar serta kepercayaan diri saya baik," kata dia.

Jika basah atau campuran ia menegaskan akan tetap berusaha maksimal dengan motornya. Ia mengatakan akan bekerja dengan strategi yang baik, bersiap untuk segala skenario, dan memberikan yang terbaik.

Ini merupakan tahun ketiga secara beruntun bagi para pembalap Suzuki gagal start dari empat baris terdepan di Le Mans. Adapun pembalap tuan rumah Fabio Quartararo berharap meraih kemenangan pertamanya di kampung halamannya berbekal posisi start terdepan di balapan hari ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA