Ahad 16 May 2021 00:10 WIB

Mantan Ketua Parlemen Iran Maju dalam Pemilihan Presiden

Ali Larijani berharap bisa dapat dukungan kelompok moderat dan garis keras.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Ali Larijani
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ali Larijani

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Mantan ketua parlemen Iran Ali Larijani mendaftar dalam pemilihan presiden bulan depan. Ia berharap dapat mengamankan suara kelompok moderat dan 'garis keras' sekaligus.

Pendaftaran Larijani yang dilakukan Sabtu (15/5) ini disiarkan stasiun televisi pemerintah. Ia sebelumnya pernah menjabat sebagai penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan negosiator nuklir.

Baca Juga

Seperti diketahui, Sabtu ini adalah hari terakhir pendaftaran kandidat pemilihan presiden 18 Juni mendatang.  Angka partisipasi masyarakat pada pemilu tahun ini mungkin terpukul oleh ketidakpuasan terhadap ekonomi yang jatuh akibat sanksi-sanksi Amerika Serikat (AS).

Washington memberlakukan kembali sanksi-sanksi ekonomi pada Teheran usai menarik diri dari kesepakatan nuklir tiga tahun yang lalu.

Setelah proses pendaftaran ditutup 12 anggota Dewan Wali Iran akan menyeleksi para kandidat presiden berdasarkan kualifikasi keislaman dan politik mereka. Enam anggota lembaga garis keras itu ditunjuk oleh Khamenei. Presiden Hassan Rouhani tidak bisa maju lagi karena sudah menjalani dua periode.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement