Sabtu 15 May 2021 07:19 WIB

10 Hal Menyenangkan yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Waktu untuk diri sendiri penting dialokasikan demi kesehatan mental.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Tak ada salahnya memanfaatkan area lahan yang kecil di rumah untuk kebun sayur (Foto: ilustrasi berkebun di rumah)
Foto: freestockphoto.biz
Tak ada salahnya memanfaatkan area lahan yang kecil di rumah untuk kebun sayur (Foto: ilustrasi berkebun di rumah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keseimbangan antara hubungan sosial dan personal sangat penting untuk kesehatan mental. Selain menghabiskan waktu (tatap muka maupun virtual) dengan orang terkasih, seseorang wajib meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan sendiri di rumah, mengingat kondisi pandemi membuat sebagian populasi hanya bisa berdiam diri di kediaman masing-masing. Berikut aktivitas yang bisa dijajal, dikutip dari laman Women's Health.

Baca Juga

Kelas daring

Baik kursus virtual berbayar maupun kelas daring gratis, sama-sama bermanfaat menambah wawasan dan bisa dilakukan dari rumah saja. Beberapa idenya termasuk belajar bahasa baru, menari, atau menyimak tutorial riasan sederhana.

Merawat diri

Relaksasi ala spa tidak harus dilakukan di salon kecantikan. Coba hadirkan suasana serupa salon di rumah dengan aroma-therapy, lalu berendam, facial, manikur, serta berbagai perawatan lain terhadap diri sendiri.

Menikmati musik

Entah sekadar menyalakan aplikasi musik, menyetel radio, atau menonton konser daring, menikmati lagu-lagu favorit selalu menyenangkan. Bagi yang suka bernyanyi, bisa juga berkaraoke secara solo lewat aneka aplikasi, salah satunya Smule.

Melakukan hobi

Warnai kanvas kosong dengan menyalurkan hobi melukis. Bagi yang suka tanaman, hobi berkebun tentu menyenangkan. Kegemaran lain termasuk merajut, menulis, membaca, memasak, menonton tayangan, atau apapun yang disukai.

Relaksasi

Cara orang melakoni relaksasi berbeda-beda. Ada yang sukses dengan meditasi atau sekadar mandi air hangat dengan busa melimpah. Bisa pula menikmati pemandangan langit saat matahari terbit maupun terbenam, mencermati semua warna indah di angkasa.

Olahraga ringan

Jika masih waswas pergi ke gym, lakukan saja olahraga ringan di rumah dengan instruksi dari berbagai aplikasi kebugaran. Berbagai tutorial di Youtube juga dapat disimak untuk mendukung rutinitas olahraga yang membuat tubuh tetap bugar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement