Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jouron

Kopi Yellow Caturra: Ini 8 Fakta Uniknya

Kuliner | Friday, 14 May 2021, 22:29 WIB
Kopi Yellow Caturra, unik rasa dan karakternya.

Salah satu kopi yang cukup ngehits dan langka belakangan ini adalah kopi jenis Yellow Caturra. Sesuai namanya, kulit kopi ini berwarna kuning jika matang.

Pada umumnya, kulit kopi-kopi arabika, robusta, dan liberia berwarna merah jika sudah matang. Yellow Caturra merupakan bagian dari keluarga arabika yang ditanam di ketinggian tertentu.

Seperti kopi-kopi lainnya, kopi Yellow Caturra dapat dinikmati dengan beragam cara. Bisa dengan seduh tubruk, seduh dengan kertas filter, seduh mesin, hingga menikmati kopi Yellow Caturra dengan dicampur susu, es, maupun gula aren.

Rasanya unik. Ada asam buah yang terasa, ada pahit dan manis, dan juga sensasi floral.

Berikut ini 8 fakta kopi Yellow Caturra:

1. Yellow Caturra berasal dari Kolombia, Nikaragua, dan Costa Rica. Kopi ini kemudian berkembang di Brazil dan ke banyak negara.

2. Yellow Caturra pada umumnya ditanam di atas ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut (mdpl). Makin tinggi makin bagus dengan tetap melihat kondisi tanah, air, dan cahaya.

3. Yellow Caturra termasuk varian dari arabika karena syarat penanamannya memang harus tinggi. Di beberapa daerah mencoba menanam di di dataran rendah namun hasilnya kurang memuaskan.

4. Yellow Caturra masuk ke Indonesia sejak zaman Belanda menjajah Indonesia. Saat itu, Indonesia dikenal sebagai Hindia Belanda. Kopi ini ditanam di Jawa Barat, Jawa Timur, dan NTT.

5. Berbeda dengan kopi arabika lainnya, kopi Yellow Caturra termasuk yang agak sulit ditanam dengan menghasilkan kopi yang bagus. Ada teknik khusus dari mulai penanaman, pemupukan, pengelolaan saat tumbuh biji hijau-kuning, hingga pengolahan pasca-panen.

6. Di Indonesia, salah satu jenis kopi Yellow Caturra yang terkenal berasal dari Bajawa, NTT.

7. Para penikmat kopi di Asia Timur seperti Jepang, Korea, China, hingga Eropa dan Amerika Serikat (AS) menggemari kopi Yellow Caturra ini.

8. Yellow Caturra punya saudara kembar yang bernama Red Caturra. Kedua varian ini sempat terlupakan setelah era penjajahan Belanda berakhir. Namun seiring makin menggeliatnya bisnis kopi, keduanya mulai bangkit lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image