Jumat 14 May 2021 14:35 WIB

Hari Kedua Lebaran, Pengunjung Piknik di TMII

Beberapa anjungan seperti Sumatra Barat dan Bengkulu menggelar acara meriah.

Hari Kedua Lebaran, Pengunjung Piknik di TMII. Sejumlah pengunjung saat berwisata di Teater Keong Emas TMII, Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Hari Kedua Lebaran, Pengunjung Piknik di TMII. Sejumlah pengunjung saat berwisata di Teater Keong Emas TMII, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur menjadi alternatif tempat melewatkan libur Idul Fitri hari kedua, Jumat (14/5). Berdasarkan pantauan Antara, antrean kendaraan seperti mobil dan motor terlihat di gerbang utama TMII.

Tugu Api Pancasila yang berada di bagian depan Taman Mini Indonesia Indah diramaikan oleh masyarakat yang asyik berfoto bersama, piknik beralaskan tikar, hingga bermain layangan. Novi Andini adalah salah satu warga yang terjebak tidak bisa mudik ke rumahnya di Cikarang. 

Baca Juga

Dia pun memilih berwisata di TMII yang berlokasi di dekat kediamannya. "Saya tidak menyangka TMII lumayan penuh juga saat Lebaran, " kata Novi di tempat penyewaan sepeda TMII.

"Karena anjungan-anjungan cukup ramai, saya tidak berani mampir ke dalamnya," kata dia.

Bukan cuma area terbuka di Tugu Api Pancasila yang jadi tempat favorit, deretan mobil memenuhi area danau di tengah Taman Mini Indonesia Indah. Rerumputan di pinggirnya dijadikan tempat menggelar tikar, berpiknik dan makan siang bersama.

Beberapa anjungan seperti Sumatra Barat dan Bengkulu memang menggelar acara meriah yang didatangi pengunjung. Taman Mini Indonesia Indah tahun ini tetap dibuka saat Idul Fitri, dan mengajak masyarakat berwisata ke anjungan-anjungan yang ada lewat tagline "Serasa Pulang Kampung".

Dari pintu gerbang, sudah tersedia banyak keran air dan sabun untuk mencuci tangan. Para petugas juga memeriksa suhu tubuh dan selalu mengingatkan pengunjung memakai masker. 

Lewat pengeras suara, petugas juga rutin mengingatkan untuk menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan. TMII membatasi jumlah pengunjung sebanyak maksimal 30 persen dari kapasitas selama libur Lebaran, yakni 18 ribu orang dalam satu waktu. Jam operasional dimulai pada 06.00-18.00 WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement