Jumat 14 May 2021 07:03 WIB

Ini Dia Makanan dan Minuman yang Wajib Ada Saat Lebaran

Ini Dia Makanan dan Minuman yang Wajib Ada Saat Lebaran

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Makanan Lebaran
Makanan Lebaran

Momen yang paling ditunggu setelah satu bulan penuh berpuasa sebentar lagi akan tiba. Berbicara tentang Lebaran, memang tidak lepas dari tradisi mudik, bermaaf-maafan sampai dengan beli baju baru.

Tidak hanya itu saja, acara makan-makan saat Lebaran juga menjadi hal yang ditunggu dan pasti banyak dari Anda yang merindukan makanan-makanan yang memang menjadi ciri khas Lebaran setiap tahunnya. Apalagi jika dibuat oleh orang-orang terkasih Anda.

Ini dia makanan-makanan yang wajib ada saat Lebaran yang telah Cermati.com kumpulkan:

 

 

1. Ketupat

ketupat

Urutan pertama tentu saja diduduki oleh makanan dengan bahan dasar beras atau ketan ini, sebagai makanan wajib dan khas pada saat Lebaran. Rasanya seperti ada  yang kurang saat Lebaran tanpa ketupat. Bahkan ada filosofi dibalik ketupat dan makna Lebaran.

Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih mencerminkan perjalanan hidup yang sering kali diselingi oleh kesulitan dan masalah, dan hal yang wajar jika kita sering kali melakukan kesalahan. Sedangkan arti tali anyaman yang tidak putus, menggambarkan pentingnya tali silaturahmi.

Dalam bahasa jawa Ketupat atau Kupat merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat. Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan, Laku Papat artinya empat tindakan. Yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (Meluber/melimpah), Laburan (Labur/kapur).

2. Opor Ayam

opor ayam

Makanan wajib lainya saat Lebaran adalah opor ayam. Makanan ini sering disandingkan dengan ketupat pada saat Lebaran. Menu ini menjadi hal yang wajib ada saat Lebaran tiba. Makanan ini berbahan dasar daging ayam, santan dengan campuran rempah-rempah lainnya. Tidak hanya pada saat Lebaran, makanan yang memiliki cita rasa khas gurih ini juga dapat Anda jumpai pada hari-hari biasa.

3. Sambal Goreng Ati

sambal goreng ati

Makanan ini boleh saja selalu ada dalam menu sehari-hari Anda. Namun entah kenapa menu ini juga menjadi makanan wajib saat Lebaran. Tidak lengkap rasanya Ketupat dan Opor Ayam tanpa sambal goreng ati. Hidangan ini berupa olahan kentang dan ati sapi yang digoreng terlebih dahulu. Kemudian barulah dicampur dengan sambal goreng. Meski sangat sederhana, sambal goreng ati menjadi menu favorit kebanyakan orang.

4. Rendang

rendang

Sebagai orang Indonesia terkhusus bagi Anda yang berasal dari Sumatra Barat, Anda boleh berbangga. Pasalnya makanan dengan bahan utama daging sapi ini, dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN International pada Tahun 2011. Tidak hanya itu makanan ini juga mendapatkan gelar “The Most Balanced Food” dalam acara LA Travel  & Adventure Show. Makanan ini dapat bertahan selama tiga bulan tanpa dipanaskan.

Baca Juga: 5 Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran

5. Semur Daging

semur daging

Makanan lain yang hampir tidak pernah absen saat lebaran adalah Semur Daging. Namun tahukah Anda, makanan yang diramu dengan kecap manis ini ternyata berasal dari bangsa belanda. Semur yang berasal dari kata “Smoor” yang berarti masakan yang direbus dengan tomat hingga empuk.

6. Kue Kering

kue kering

Berbagai macam kue kering

Sama seperti hidangan utama lainnya, hidangan kue kering juga harus ada saat Lebaran. Tak lengkap rasanya bila di hari Lebaran tidak ada kue kering. Sekarang ini kue kering memiliki banyak ragamnya, mulai dari Kastengel, Nastar, Sagu Keju, Putri Salju, Lidah Kucing dan masih banyak lagi.

Nyatanya kue kering ini tidak hanya disajikan saat Lebaran saja, tapi pada saat hari-hari penting lainnya seperti Natal dan Imlek juga menyediakan kue kering di meja tamunya.

7. Kacang Goreng

kacang goreng

Walaupun bukan termasuk makanan berat. Kacang goreng yang sering Anda temui pada penjaja makanan di bis atau dipinggir jalan, menjadi cemilan yang khas saat Lebaran. Ada berbagai cara mengolah cemilan ini, ada dengan cara digoreng, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk Anda yang menyukai rasa lebih gurih.

9. Cemilan Lainnya

 

Sebagian besar orang juga melengkapi camilannya dengan berbagai macam jajanan lainnya seperti, varian permen, varian coklat, astor, dan biskuit. Jajanan seperti ini tentunya paling menjadi daya tarik anak-kecil hingga usia remaja, bahkan terkadang orang dewasa pun juga suka jajanan tersebut. 

Baca juga: 6 Cara Memotong Anggaran Makan Saat Liburan

10. Sop Buah

sop buah

Selain makanan, ada beberapa minuman yang tidak boleh juga ketinggalan untuk dihidangkan ketika Lebaran nanti.

Sop buah merupakan minuman manis khas yang tidak hanya super segar tapi juga favorit seluruh anak-anak. Minuman yang memiliki berbagai kombinasi buah mulai dari mangga, buah naga, kelapa, anggur, melon, apel sampai alpukat ini juga memiliki tambahan menarik lainnya seperti agar-agar, nata de coco, sirup dan susu.

11. Es Timun Serut

es timun serut

Minuman lainnya yang juga banyak menjadi favorit tidak hanya ketika bulan Ramadhan tapi juga Lebaran adalah Es Timun Serut. Minuman menyegarkan satu ini menjadi favorit bukan karena rasanya yang khas dan menyegarkan tapi juga cara bikinnya yang cukup mudah. Cukup sediakan timun, air gula, es batu, tambahan lain seperti blewah dan sirup atau minuman soda agar lebih segar dan nikmat.

12. Es Blewah

es blewah

Es Blewah merupakan minuman khas lain yang juga cocok dijadikan hidangan minuman untuk Lebaran nanti. Rasanya yang manis dan menyegarkan cocok untuk menghilangkan dahaga selepas solat Idul Fitri nanti. Cukup sediakan es batu, satu buah blewah yang sudah diserut, sirup rasa coco pandan, biji selasih dan tambahan lain seperti nata de coco atau agar-agar.

Lebih Nikmat Dimakan dengan Orang-Orang Terdekat

Yap! Apapun makanannya yang penting Lebaran. Mangan ora mangan sing penting kumpul atau makan gak makan yang penting kumpul. Pepatah tersebut memang benar. Tidak peduli menu apa yang ada di rumah Anda saat Lebaran.

Hal yang paling penting dari itu adalah, berkumpulnya Anda dengan keluarga dan sanak saudara. Bermaaf-maafan, berbagi cerita dan melepas rindu setelah bertahun-tahun tidak bertemu jauh lebih bermakna dari semua kemewahan saat Lebaran. Selamat menyambut Idul Fitri teman cermat.

Baca juga: 5 Pekerjaan Sampingan Menjelang Lebaran

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement