Kamis 13 May 2021 17:37 WIB

7 Suplemen Terbaik untuk Menyehatkan Kulit

Memiliki kulit sehat dan adalah impian setiap orang terutama perempuan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Memiliki kulit sehat dan adalah impian setiap orang terutama perempuan.
Foto: www.freepik.com
Memiliki kulit sehat dan adalah impian setiap orang terutama perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki kulit sehat dan adalah impian setiap orang terutama perempuan. Untuk menjadikan kulit lebih sehat dan tetap awet muda, tidak cukup hanya mengonsumsi makanan berkualitas saja, Anda juga perlu menambahkan suplemen.

Lalu apa saja suplemen terbaik untuk menyehatkan kulit? Berikut daftar suplemen yang direkomendasikan para ahli seperti dilansir dari laman Eat This, Kamis (13/5).

Baca Juga

 

1. Vitamin C

Ahli Nutrisi di North Carolina AS, Ruby Ali mengatakan bahwa vitamin C berperan penting dalam struktur dan fungsi kulit. Kulit yang sehat membutuhkan vitamin C dalam jumlah tinggi untuk merangsang produksi kolagen, melindungi dari sinar UV yang berbahaya, menyembuhkan luka dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

"Artinya, vitamin C dapat membantu Anda memiliki kulit yang lebih halus dengan sedikit kerutan, mengurangi peradangan, dan bahkan membantu menghilangkan jerawat,” kata Ruby.

 

2. Antioksidan dari campuran ekstrak

Ahli diet terdaftar di Balance One, Trista K Best menerangkan, dua penyebab utama penuaan dini pada kulit adalah paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa perlindungan serta pembentukan AGEs. AGEs terbentuk ketika gula dan lemak atau protein bercampur. Nah, untuk mengatasi masalah  tersebut, Anda membutuhkan suplemen khusus antioksidan untuk melawannya melalui vitamin, mineral, dan fitonutrien.

Menurut Best, beberapa contoh umum senyawa tanaman yang harus dicari dalam suplemen yaitu ekstrak teh hijau, milk thistle, akar kunyit, bromelain, ginkgo biloba, jahe, bilberry, quercetin, dan ekstrak biji anggur.

“Masing-masing antioksidan ini unik dalam kemampuannya untuk menemukan dan memberantas kerusakan kulit akibat radikal bebas,” jelas dia.

 

3. Ashwagandha

Ashwagandha adalah adaptogen kuat yang bertindak sebagai antioksidan, memiliki sifat anti-inflamasi, dan membuat tubuh lebih tahan terhadap stress. Dengan demikian, ashwagandha menjadi suplemen tepat untuk membuat kulit lebih sehat.

“Ashwagandha telah digunakan selama berabad-abad untuk khasiat penyembuhannya dan dapat membantu melawan efek dari beberapa stres itu,” kata Ali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement