Pisang Aroma Temanggung Tembus Pasar Selandia Baru

Red: Muhammad Fakhruddin

Pisang Aroma Temanggung Tembus Pasar Selandia Baru. Ekspor (ilustrasi)
Pisang Aroma Temanggung Tembus Pasar Selandia Baru. Ekspor (ilustrasi) | Foto: Republika/Adhi Wicaksono

REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG -- Produk makanan ringan pisang aroma Mahkota dari Dusun Sarangan, Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tembus pasar Selandia Baru.

"Pengiriman pisang aroma Mahkota ke Selandia Baru bukan dari kami langsung, tetapi melalui agen penjualan di Sidoarjo, Jawa Timur," kata produsen pisang aroma Mahkota Endang Srimul Subekti di Temanggung, Rabu (12/5).

Ia menyampaikan tidak tahu persis jumlah pengiriman ke Selandia Baru, yang jelas agen penjualan di Sidoarjo setiap 2 minggu sekali minta dikirimi produk pisang aroma sebanyak satu kwintal, bahkan menjelang Lebaran ini minta dikirimi 3 kwintalPisang aroma merupakan produk makanan ringan yang bahan bakunya dari pisang, terigu, gula, dan garam.

Cara pembuatannya, terigu dibuat seperti kulit lompia kemudian ditaburi pisang yang dipotong kecil-kecil dan gula kemudian digulung dan digoreng. "Cita rasa pisang aroma rasanya manis, baunya sangat harum, enak, dan renyah untuk camilan," katanya.

Menurut dia, pemasaran pisang aroma telah menyebar di sejumlah daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, Lampung, dan Kalimantan. Ia menyebutkan harga pisang aroma Mahkota Rp24.000 per kilogram, untuk kemasan 250 gram Rp8.000, dan kemasan 450 gram Rp13.000.

"Guna menambah nilai jual produk, kami terus berupaya memperbaiki kemasan, bukan hanya menggunakan kemasan plastik biasa tetapi juga menggunakan toples maupun aluminium foil. Kita harus bangga buatan Indonesia," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pemerintah Minta Bea Masuk ke Selandia Baru Diturunkan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark