Rabu 12 May 2021 19:45 WIB

KAI Gandeng Dishub Saat Uji Coba Stasiun Malang Kota Baru

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan untuk meminimalisasi potensi kemacetan tersebut.

Stasiun Malang Kota Baru sisi timur melakukan uji coba operasional pada Senin (10/5).
Foto: Dok. Humas PT KAI Daop 8 Surabaya
Stasiun Malang Kota Baru sisi timur melakukan uji coba operasional pada Senin (10/5).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daop 8 Surabaya menggandeng Dinas Perhubungan Kota Malang dalam uji coba operasional Stasiun Malang Kota Baru sisi timur, yang dimulai pada 10 Mei 2021.

Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan kerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Malang tersebut untuk melakukan rekayasa lalu lintas, agar tidak terjadi kemacetan di wilayah sekitar area Stasiun Malang Kota Baru. "Bagi masyarakat yang akan menuju ke Stasiun Malang Kota Baru, PT KAI Daop 8 Surabaya, bersama Dinas Perhubungan Kota Malang melakukan rekayasa lalu lintas," kata Luqman dalam keterangan tertulis di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (12/5).

Luqman menjelaskan rekayasa lalu lintas yang dilakukan untuk meminimalisasi potensi kemacetan tersebut adalah di pintu masuk Stasiun Malang Kota Batu berada di sisi selatan.

Kendaraan yang akan masuk area Stasiun Malang Kota Baru diharuskan masuk melalui arah Buk Gluduk Viaduk. Sementara untuk kendaraan yang akan masuk dari arah Jalan Panglima Sudirman, dilarang langsung belok kanan.Kemudian pintu keluar Stasiun Malang Baru berada di sisi utara. Para pengendara kendaraan bermotor, hanya diperbolehkan untuk masuk ke arah Jalan Panglima Sudirman, dan tidak diperkenankan untuk belok ke kanan."Terima kasih kami ucapkan kepada jajaran Pemerintah Kota Malang khususnya Dishub Kota Malang karena telah membantu kelancaran uji coba pengoperasian Stasiun Malang Kota Baru," kata Luqman.Stasiun Malang Kota Baru sisi timur itu, mampu menampung penumpang sebanyak 2.450 orang, dengan luas bangunan mencapai 3.480 meter persegi.Fasilitas parkir kendaraan roda empat disiapkan dengan luas 1.860 meter persegi dan mampu menampung 68 unit mobil, dan empat unit bus. Sementara untuk kendaraan roda dua, disiapkan lahan parkir seluas 489 meter persegi, dengan daya tampung 194 unit kendaraan.Pada bangunan baru Stasiun Malang Kota Baru sisi timur tersebut, menggunakan konsep desain yang terinspirasi dari bentuk Gunung Putri Tidur.Stasiun Malang (ML) merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Kiduldalem, Klojen, Malang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +444 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi 8 Surabaya dan merupakan stasiun kereta api terbesar di Kota Malang.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement