Jumlah Pekerja Migran Pulang ke Pamekasan Terus Bertambah

Red: Muhammad Fakhruddin

Jumlah Pekerja Migran Pulang ke Pamekasan Terus Bertambah (ilustrasi).
Jumlah Pekerja Migran Pulang ke Pamekasan Terus Bertambah (ilustrasi). | Foto: BUDI CANDRA SETYA/ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID,PAMEKASAN -- Kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur menjelang H-1 Lebaran 1442 Hijriah jumlahnya terus bertambah dari sebelumnya 513 orang menjadi 547 orang.

"Tambahan sebanyak 34 orang tiba, Selasa (11/5) kemarin dan saat ini mereka menjalani karantina di gedung Islamic Center dan di Home Stay Asri Pamekasan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTS-Naker) Pemkab Pamekasan, Jawa Timur Supriyanto di Pamekasan, Rabu (12/5).

Sebelum menjalani masa karantina, petugas juga telah melakukan penyemprotan disinfektan pada barang-barang bawaan PMI.Menurut Supri, total jumlah PMI sebanyak 547 orang asal Pamekasan itu terhitung sejak 30 April 11 Mei 2021 dalam 11 gelombang kedatangan.

Para PMI itu tiba di Pamekasan merupakan PMI yang bekerja di Malaysia dan Singapura dan mereka pulang ke Pamekasan secara mandiri, bukan karena dideportasi.

Sementara itu, Pemkab Pamekasan menyediakan dua tempat karantina bagi para PMI tersebut, yakni di Gedung Islamic Center Pamekasan dan di Home Stay Asri Pamekasan. Lokasi karantina di Islamic Center Pamekasan khusus untuk PMI laki-laki, sedangkan yang di Home Stay Asri Pamekasan khusus untuk PMI perempuan.

Menurut Plt DPMPTS-Naker) Pemkab Pamekasan, Jawa Timur Supriyanto, para PMI ini akan diperkenankan pulang ke rumahnya masing-masing setelah selesai menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. "Para PMI ini diperbolehkan pulang, jika telah dites swab dan dinyatakan bebas dari COVID-19," katanya, menjelaskan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Belasan Pekerja Migran Asal Kediri Jalani Isolasi

Pekerja Migran Sumbang Devisa Rp 159,6 Triliun per Tahun

Pemerintah Antisipasi Kepulangan 50.000 Pekerja Migran

KBRI Phnom Penh Selamatkan 76 Pekerja Migran di Kamboja

Pemkab Jemput 69 Pekerja Migran Asal Pamekasan di Surabaya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark