Banyuwangi Gelar Mudik Daring untuk Diaspora sedunia

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi

Ilustrasi mudik.
Ilustrasi mudik. | Foto: dok Traveloka

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi akan menggelar mudik daring untuk para diaspora di dalam maupun luar negeri. Agenda yang akan digelar pada 16 Mei ini juga akan dimeriahkan dengan atraksi seni budaya dan bazar virtual produk UMKM.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyatakan, kegiatan musik daring bertujuan untuk mengobati rindu para diaspora. Sebab, dua tahun ini mereka belum bisa mudik mengingat tengah pandemi Covid-19. "Ini menyambungkan para warga Banyuwangi di sini dengan diaspora di luar daerah hingga luar negeri,” kata Ipuk.

Kegiatan mudik daring ini juga akan diikuti keluarga pekerja migran. Oleh karena itu, para pekerja migran di luar negeri bisa bertemu secara daring dengan keluarganya. Terlebih, agenda tersebut juga dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan unik lainnya.

Menurut Ipuk, terdapat sejumlah acara yang diselenggarakan secara hibrid (memadukan daring dan luring). Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain atraksi seni-budaya dan bazar virtual produk UMKM. Ipuk memastikan atraksi seni budaya dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dengan baik.

Sementara ihwal bazar virtual, kegiatan ini bertujuan membantu produk UMKM agar bisa bangkit di masa pandemi Covid-19. Para diaspora di dalam dan luar negeri bisa tahu produk UMKM di Banyuwangi. Mereka bisa ikut membeli, bahkan memasarkannya di daerah tempat tinggalnya masing-masing.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Budi Santoso menambahkan, agenda mudik daring diselenggarakan secara virtual melalui sejumlah kanal. Yakni, di aplikasi Zoom Meeting, YouTube, dan siaran langsung media sosial lainnya. "Nanti ada di beberapa tempat, karena harus sesuai protokol kesehatan. Ada di desa, di kecamatan, di pendopo,” ucapnya dalam keterangan pers, Selasa (11/5).

Tautan untuk ruang pertemuan Zoom maupun live streaming media sosial lainnya akan disebarluaskan dalam bentuk poster. Selain itu, acara ini juga akan diisi dengan diskusi bersama para diaspora. Hal ini diharapkan mereka bisa memberikan masukan untuk pembangunan di Banyuwangi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Banyuwangi Bakal Gelar Mudik Online untuk Diaspora se-Dunia

Mau Mudik Lebaran Praktis dan Aman, Begini Caranya

Pemkab Banyuwangi Bantu Keluarga Korban KRI Nanggala 402

Biaya Kirim Paket Pelaku Usaha Banyuwangi Ditanggung Pemkab

Daftar dan Bayar Uji Kir di Banyuwangi Lewat Daring

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark