Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Jurusan Sistem Informasi Akutansi UBSI Satu-Satunya di Tegal

Rabu 12 May 2021 13:46 WIB

Red: Gita Amanda

Jurusan Sistem Informasi Akuntansi kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Tegal jadi satu-satunya program studi (prodi) SIA di kota Tegal.

Jurusan Sistem Informasi Akuntansi kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Tegal jadi satu-satunya program studi (prodi) SIA di kota Tegal.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Lulusan prodi Sistem Informasi Akutansi dapat bekerja di berbagai bidang.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Di era industri 4.0 dan era globalisasi bisnis yang begitu masif, akuntansi mengalami pergeseran dari yang dulunya masih menggunakan pencatatan dan pengolahan manual sekarang sudah beralih ke sistem otomatisasi akuntansi berbasis aplikasi yaitu Sistem Informasi Akuntansi (SIA).

Jurusan Sistem Informasi Akuntansi kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Tegal jadi satu-satunya program studi (prodi) SIA di kota Tegal. Program studi (prodi) SIA merupakan prodi yang memadukan ilmu Sistem Informasi (SI) dengan Ilmu Akuntansi. Yaitu mempelajari tentang dasar-dasar akuntansi dan pemrograman untuk mampu merancang, mengembangkan dan menerapkan aplikasi sistem informasi akuntansi.

Menurut Warjiono, kaprodi SIA kampus Tegal menjelaskan bahwa lulusan prodi SIA dapat bekerja di berbagai bidang. Antara lain Programmer, Entry Data Supervisor dan Accounting Analyst. “Prospek lulusan Sistem Informasi Akuntansi juga dapat merangkap sebagai software implementor, analisis manajemen bisnis, dan berbagai bidang yang berhubungan dengan entitas bisnis. Lulusan SIA Universitas BSI Kampus Tegal pun disiapkan untuk menjadi pribadi yang memiliki daya saing di bidang ekonomi kreatif,” ungkapnya dalam rilis yang diterima, Rabu (5/5).

Dengan SIA, informasi keuangan dihasilkan lebih cepat, akurat, efesien dan efektif serta manajemen perusahaan dapat melihat, mengontrol keuangan perusahaan kapanpun, dimanapun tanpa sekat dan waktu. Hal ini akan lebih cepat membantu manajemen perusahaan untuk mengambil keputusan atau kebijakan perusahaan dalam menjalankan roda bisnisnya. Software Akuntansi yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah Zahir dan ABSS/MYOB.

“Seiring berkembangnya dunia bisnis bidang Akuntansi masih tetap diperlukan sebagai bagian peran penting dalam mengolah dan melaporkan keuangan perusahaan. Bahkan bidang Akuntansi bukan hanya dibutuhkan di perusahaan saja tetapi juga diperlukan di pemerintahan, pendidikan dan organisasi. Dengan demikian kebutuhan akuntan banyak yang membutuhkan,” imbuhnya.

Dari hasil  QS World University Rankings, jurusan sistem akuntansi menjadi jurusan yang paling banyak dicari tahun 2020. Perguruan Tinggi yang memiliki program studi akuntansi cenderung punya banyak mahasiswa. Artinya bahwa minat masyarakat untuk kuliah di program studi akuntansi sangat besar.

“Saat ini, Universitas BSI Kampus Tegal membuka pendaftaran gelombang tiga. Yang mulai pada tanggal 7 April 2021 hingga 7 Juni 2021 mendatang. Biaya kuliah di Universitas BSI Kampus Tegal dapat dicicil melalui Pintek dan Danacita,” tutup Warjiono.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA