Rabu 12 May 2021 08:37 WIB

Intip Enam Fakta Ajaib Usai Man City Juara Liga Inggris

Man City selalu mengasapi Man United sejak Sir Alex pensiun jadi pelatih pada 2013.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Suporter Manchester City berpesta di luar Etihad Stadium di Manchester, Inggris, Selasa, 11 Mei 2021, usai tim mereka merebut gelar Liga Inggris. Man City merebut gelar setelah rival sekota Manchester United kalah di kandang dari Leicester City.
Foto: AP Photo/Jon Super
Suporter Manchester City berpesta di luar Etihad Stadium di Manchester, Inggris, Selasa, 11 Mei 2021, usai tim mereka merebut gelar Liga Inggris. Man City merebut gelar setelah rival sekota Manchester United kalah di kandang dari Leicester City.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City sukses menjadi jawara Liga Primer Inggris 2020/2021. Kepastian itu didapat setelah Manchester United menelan kekalahan pada pekan ke-35, yang membuat jarak perolehan angka kedua tim melebar dan City tidak mungkin terkejar.

Ada banyak hal yang dilalui dalam perjalanan Manchester City mengeklaim titel ketujuh Liga Inggris. Anak asuh Josep Guardiola sempat tercecer di papan tengah hingga bangkit pada paruh kedua musim ini.

Baca Juga

Berikut enam fakta menarik dalam perjalanan Manchester City meraih gelar juara dikutip laman resmi klub, Rabu (12/5).

3      -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, sukses mencatat rekor pribadi usai membawa klubnya menjuarai Liga Inggris musim 2020/2021. Guardiola tercatat memenangkan tiga gelar Liga Inggris dalam tiga dari lima musimnya menangani klub papan atas. Ia sukses menyamai rekor legenda Liverpool, Kenny Dalglish, saat membawa tim asuhannya juara pada 1985/1986, 1987/1988, dan 1989/1990.

7      -- Trofi Liga Inggris 2020/2021 merupakan gelar juara ketujuh yang didapatkan Manchester City sepanjang sejarah klub. City secara resmi menyamai raihan gelar Aston Villa di sepak bola Inggris yang juga telah mengumpulkan tujuh gelar. Man City bersama Villa menjadi klub kelima paling sukses di Liga Inggris.

13     -- Manchester City pernah terperosok di posisi ke-13 klasemen sementara pada pekan kesembilan Liga Primer Inggris. Man City bahkan tertinggal delapan angka dari pemuncak klasemen saat itu, Liverpool.

10     -- Guardiola, pelatih asal Spanyol, telah mempersembahkan 10 trofi untuk Manchester City sejak datang pada 2016. Itu adalah rekor terbaik di klub sekaligus salah satu yang terbaik dalam sejarah sepak bola Inggris.

17     -- Manchester City bangkit pada paruh kedua musim 2020/2021. The Citizens bahkan mencatat rekor tak terkalahkan dalam 17 laga beruntun.

2013   -- Rivalitas derbi klub sekota antara Manchester City dan Manchester United akhirnya resmi menjadi milik the Citizens. Sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson pada 2013 silam, City selalu finis di atas Manchester United pada klasemen akhir Liga Primer Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement