Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

MU Ditaklukkan Leicester, Man City Pastikan Juara Liga

Rabu 12 May 2021 02:23 WIB

Red: Israr Itah

Para pemain Leicester City merayakan gol ke gawang Manchester United.

Para pemain Leicester City merayakan gol ke gawang Manchester United.

Foto: EPA-EFE/Dave Thompson
Manchester Unitd menyerah 1-2 dari Leicester City di Old Trafford.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Leicester City membantu Manchester City memastikan gelar juara Liga Primer Inggris musim 2020/2021 lebih cepat. Kepastian Man City juara didapat setelah Leicester menaklukkan Manchester United 2-1 pada laga pekan ke-36 Liga Primer Inggris di Old Trafford, Rabu (12/5) dini hari WIB.

City mengoleksi nilai 80 dari 35 laga, unggul 10 angka dari MU di posisi kedua. Dengan tiga laga tersisa, secara matematis poin maksimal MU hanya 79 dan tak bisa lagi mengungguli City.

Baca Juga

United, yang akan menghadapi Liverpool pada Jumat (14/5) dini hari WIB, membuat 10 perubahan pada tim mereka yang menang di kandang Aston Villa beberapa hari lalu. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer memasukkan beberapa pemain muda. 

Leicester meraih keunggulan pada menit ke-10 lewat gol pertama berkelas. Bek kiri berusia 19 tahun Luke Thomas melepaskan tendangan voli memaksimalkan umpan silang Youri Tielemans dari sudut sempit.

Setan Merah membalas lima menit kemudian lewat kerja sama dua pemain remaja mereka. Amad Diallo menemukan Mason Greenwood dan sentuhan luar biasa sang penyerang memungkinkan dia untuk menemukan ruang untuk tendangan rendah ke sudut jauh gawang Kasper Schmeichel. 

Leicester mengancam setelah turun minum. David De Gea menjaga gawangnya dengan baik untuk menepis peluang Kelechi Iheanacho dari jarak dekat. Setelah mendominasi sepanjang babak kedua, gol penentu Leicester menit ke-66 justru datang dari proses sederhana. Caglar Soyuncu menyundul bola dari sepak pojok Marc Albrighton untuk membawa timnya kembali memimpin.

Solskjaer berusaha mengubah keadaan dengan memasukkan Edinson Cavani, Marcus Rashford dan Bruno Fernandes berharap serangan MU lebih mematikan.

Langkah itu nyaris terbayar pada menit ke-84 ketika Fernandes menyambar bola liar upaya sapuan Wesley Fofana atas umpan silang Juan Mata, sayang tembakannya melenceng dari sasaran.

Keunggulan Leicester bertahan hingga bubaran, menghapus asa kecil MU tetap dalam perburuan juara liga musim ini. MU kembali hanya punya waktu beristirahat dua hari sebelum melakoni laga tunda pekan ke-34 menjamu Liverpool di Old Trafford pada Kamis (13/5) waktu setempat.

Sedangkan Leicester bakal tampil di final Piala FA melawan Chelsea di Wembley pada Sabtu (15/5).

Hasil ini membuat Leicester semakin dekat dengan tiket Liga Champions musim depan. Leicester naik ke posisi tiga dengan nilai 66 dengan dua laga sisa, unggul dua poin dari Chelsea di posisi empat dengan nilai 64 dengan tiga laga sisa.

The Foxes butuh empat poin lagi andai Liverpool yang berada di posisi enam dengan nilai 57, tapi punya empat laga sisa, terus memetik kemenangan. 

 

photo
Enam besar klasemen Liga Primer Inggris per Rabu (12/5). - (premierleague.com)

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA