Jelang Lebaran, Polisi Semprot Desinfektan Tempat Ibadah

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Muhammad Hafil

 Selasa 11 May 2021 18:24 WIB

Satgas COVID-19 menyemprotkan disinfektan ke rumah warga setelah terjadi kluster jamaah shalat Tarawih di Desa Pekaja, Kalibagor, Banyumas, Jateng, Jumat (30/4/2021). Sebanyak dua mushalla dan dua masjid di Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor ditutup setelah 52 jamaah shalat Tarawih dari dua Desa di Kabupaten Banyumas itu terkonfirmasi positif COVID-19. Foto: ANTARA/Idhad Zakaria Satgas COVID-19 menyemprotkan disinfektan ke rumah warga setelah terjadi kluster jamaah shalat Tarawih di Desa Pekaja, Kalibagor, Banyumas, Jateng, Jumat (30/4/2021). Sebanyak dua mushalla dan dua masjid di Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor ditutup setelah 52 jamaah shalat Tarawih dari dua Desa di Kabupaten Banyumas itu terkonfirmasi positif COVID-19.

Polisi semprot disinsfektan di tempat ibadah menjelang lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Menjelang lebaran, petugas kepolisian dari Polresta Banyumas melakukan kerja sosial melakukan penyemprotan desinfektan, Selasa (11/5). Penyemprotan antara lain difokuskan di sejumlah masjid dan lapangan yang akan digunakan untuk melaksanakan sholat Ied, serta komplek-komplek pertokoan yang ramai pengunjung.

''Upaya ini kita lakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Covid 19. Terutama pada saat umat Islam melaksanakan shalat Id,'' jelas Kasat Sabhara Polresta Banyumas Kompol Aldino mewakili Kapolresta Banyumas Kombes Pol M Firman L Hakim.

Melalui kegiatan  penyemprotan disinfektan ini, dia juga berharap agar kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan semakin meningkat. ''Kesadaran untuk kembali disiplin menerapkan protokol kesehatan ini perlu dilakukan mengingat ada kecenderungan peningkatan kasus Covid 19,'' katanya.

Dalam kegiatan penyemprotan tersebut, personil yang dilibatkan terdiri dari personil Satuan Sabhara Polresta Banyumas dan  BPBD Kabupaten Banyumas. Beberapa tempat yang menjadi lokasi penyemprotan, antara lain Masjid Agung Baitussalam Purwokerto yang akan digunakan lokasi sholat Ied, pertokoan sekitar komplek Ishola, Alun-alun Kota Purwokerto dan Pasar Wage. Selain itu, beberapa ruas jalan juga dilakukan penyemprotan dengan menggunakan kendaraan penyemprot water cannon.

''Di masjid dan beberapa lokasi tertutup, kita melakukan penyemprotan dengan menggunakan lokasi gedung kita menggunakan sprayer manual. Tapi ditempat terbuka, kami melakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan kendaraan taktis,'' jelasnya.

Selama melakukan aksi penyemprotan, petugas juga menyampaikan sosialisasi pada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Termasuk pada saat melaksanakan shalat Id nanti, baik di masjid maupun di lapangan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X