Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Zona Merah, Wiku Minta Shalat Id Dilaksanakan di Rumah

Selasa 11 May 2021 17:29 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah

Sholat Id di wilayah Zona Merah disarankan dilaksanakan di rumah. (ilusrasi)

Sholat Id di wilayah Zona Merah disarankan dilaksanakan di rumah. (ilusrasi)

Foto: Antara/Irwansyah Putra
Sedangkan yang zona kuning dan hijau dapat menggelar shalat berjamaah di masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat agar melaksanakan Shalat Idul Fitri di rumah jika berada di daerah dengan zona merah dan oranye. Sedangkan di daerah dengan zona kuning dan hijau dapat menggelar shalat berjamaah di masjid dan lapangan namun dengan kapasitas jamaah maksimal 50 persen.

“Di daerah dengan zona kuning dan hijau dapat dilakukan di masjid dan lapangan dengan tetap memperhatikan prokes secara ketat dan maksimal jamaah yang hadir tidak boleh melebihi 50 persen dari total kapasitas masjid atau lapangan,” jelas Wiku saat konferensi pers, Selasa (11/5).

Baca Juga

Selain itu, berdasarkan Surat Edaran Menag No 7/2021, kegiatan takbiran juga hanya dapat dilaksanakan di masjid secara terbatas dengan maksimal 10 persen dari kapasitas masjid dan memperhatikan prokes secara ketat.

Wiku pun meminta kepala daerah dan satgas agar melakukan sosialisasi kebijakan ini dengan baik kepada masyarakat. “Saya meminta kepada kepala daerah dan satgas di daerah untuk melakukan sosialisasi yang baik kepada masyarakat terkait pelaksanaan kegiatan ibadah pada saat hari raya Idulfitri seperti takbiran, shalat Ied, dan halal bi halal,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar melakukan silaturahmi dengan keluarga terdekat dan tidak menggelar kegiatan halal bi halal di lingkungan kantor maupun komunitas.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA