Ratusan Pemudik Dilaporkan Sudah Datang ke Yogyakarta

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin

Ratusan Pemudik Dilaporkan Sudah Datang ke Yogyakarta (ilustrasi).
Ratusan Pemudik Dilaporkan Sudah Datang ke Yogyakarta (ilustrasi). | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sudah mencatat ratusan pemudik yang masuk sejak 22 April 2021 lalu. Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sebaran pemudik merata di seluruh kecamatan.

"Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta mencatat orang yang datang mudik sejumlah 225 orang," kata Heroe kepada wartawan, Senin (10/5) malam.

Heroe menuturkan, dilihat dari arus kedatangan pemudik terbesar tercatat dari 22 April sampai 3 Mei yang mencapai 92 orang. Selanjutnya, arus kedatangan pemudik berkisar dari 10-16 orang per hari.

"Dari 6-7 Mei (saat berlakunya kebijakan larangan mudik), kembali naik mencapai 82 warga (yang mudik) dan tanggal 8-9 Mei hanya empat orang," ujarnya.

Berdasarkan data tersebut, kata Heroe, menunjukkan kedatangan pemudik menjelang dan di awal diberlakukannya larangan mudik cukup besar. Bahkan, pada awal Mei pihaknya mencatat kedatangan bus pemudik mencapai 360 bus hanya dalam satu malam. "Tetapi tujuan tersebar di Jawa Tengah selatan dan hari-hari berikutnya bus yang datang di terminal tidak ada isinya (penumpangnya)," jelas Heroe.

Kedatangan pemudik pun dicatat dan dilaporkan di posko PPKM mikro yang ada di tiap RT. Seluruh pemudik yang datang, katanya, sudah dikondisikan untuk melakukan isolasi mandiri.

Sebagian besar pemudik ada yang melakukan isolasi di rumah tujuan mudik. Sementara, ada juga mudik yang melakukan isolasi di hotel yang sudah disiapkan khusus sebagai shelter.

"Mereka (pemudik) sebagian besar membawa surat jalan dan surat sehat Covid-19. Artinya tidak ada laporan bahwa ada warga yang datang dengan kondisi tidak sehat ketika pulang ke kampung halamannya," kata Heroe.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Lonjakan Arus Balik Diprediksi H+2 Lebaran

Tasikmalaya dan Garut Antisipasi Lolosnya Pemudik

Pemudik Dites Acak, Hasilnya 4.123 Positif Covid-19

551 Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Sumut

Polisi Temukan Pemudik Sembunyi di Truk Pengangkut Motor

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark