Selasa 11 May 2021 13:48 WIB

GACA Umumkan Prosedur Baru Masuknya Wisatawan ke Saudi

Saudi menerapkan karantina institusional pada warga negara non-Saudi dan pelancong

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Saudi Arabian Airlines
Foto: saudigazette
Saudi Arabian Airlines

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Umum Penerbangan Sipil Saudi (GACA) membagikan surat edaran kepada maskapai penerbangan yang beroperasi di semua bandara Saudi. Dalam edaran tersebut, mereka mengumumkan prosedur baru masuknya semua pelancong ke Arab Saudi.

Prosedur ini dibuat mengacu pada pernyataan Kementerian Dalam Negeri mengenai prosedur karantina institusional untuk semua kedatangan ke Arab Saudi, dari negara-negara yang pelancongnya tidak ditangguhkan.

Dilansir di Saudi Press Agency, Selasa (11/5), surat edaran tersebut menetapkan penerapan karantina institusional pada warga negara non-Saudi dan pelancong yang tidak divaksinasi, dari negara yang tidak masuk penangguhan.

Biaya perjalanan pelancong tersebut akan ditanggung mereka sendiri, termasuk polis asuransi kesehatan yang valid untuk menutupi risiko yang mungkin timbul dari infeksi Covid-19.

GACA secara ketat menginstruksikan maskapai penerbangan membawa semua warga negara non-Saudi dan pelancong yang dikecualikan, serta kelompok yang telah diimunisasi.

Tak hanya itu, pelancong yang belum menerima imunisasi namun memegang sertifikat kesehatan yang terverifikasi dan dikeluarkan tidak lebih dari 72 jam dari waktu penerbangan juga diizinkan berangkat. Aturan ini berlaku bagi mereka yang berusia di atas 8 tahun atau masuk kategori anak-anak.

Mereka yang masuk dalam kategori di atas dan disetujui oleh Kementerian Kesehatan diizinkan masuk ke Arab Saudi, tidak perlu melakukan karantina. Hal ini berlaku asal mereka mampu menunjukkan sertifikat vaksinasi resmi sebelum dan pada saat kedatangan.

Di sisi lain, GACA mewajibkan maskapai penerbangan membuat kontrak dengan pusat penampungan dan akomodasi yang disahkan oleh Kementerian Pariwisata. Mereka akan mengakomodasi kategori yang tidak disebutkan di atas, yang memenuhi persyaratan karantina institusional dengan jangka waktu tujuh hari.

Nantinya, terdapat pula ketentuan tes kesehatan wajib dilakukan untuk masing-masing dari mereka pada hari keenam untuk menunjukkan hasil negatif. GACA mengumumkan bahwa prosedur tersebut akan berlaku mulai Kamis, 20 Mei 2021.

GACA tegas akan menerapkan semua tindakan pencegahan di bandara Saudi, dengan tujuan menyediakan lingkungan kesehatan terintegrasi untuk semua kedatangan pelancong.

Tindakan yang diambil oleh GACA juga termasuk mewajibkan otoritas terkait dan perusahaan transportasi udara yang beroperasi di bandara Saudi, untuk mematuhi semua persyaratan keselamatan kesehatan dan tindakan pencegahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement