Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Ramadan Sedang Bersiap Pergi, Semoga Kita Mendapat Ampunan!

Selasa 11 May 2021 13:48 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Umat Muslim melakukan sholat khusus yang disebut

Umat Muslim melakukan sholat khusus yang disebut

Foto: AP/Muhammad Sajjad
Ramadhan, semoga kita dapat santunan

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Muhammad Nasril, Lc. MA, Penghulu Muda Pada KUA Kuta Malaka Aceh Besar.

Tamu agung kita bulan Ramadhan 1442 H saat ini sedang bersiap-siap untuk pergi meninggalkan kita. Tidak terasa kita sudah berada di penghujung bulan penuh berkah ini, seakan baru kemarin ia menyapa kita. 

Ia berjalan seperti angin, berlalu begitu cepat. Tapi sayang, kita terlalu cool dan lambat meresponnya, tidak menggunakan full power dan waktu bersamanya dengan baik, banyak waktu terlewati begitu saja, banyak amalan-amalan yang terlewati, bahkan kadang kita menikmati hari-hari di bulan Ramadhan seperti melewati hari-hari biasa di bulan lain.

Maka, berbahagialah bagi siapa saja yang telah maksimal bersama Ramadhan, menjalani berbagai ibadah dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjadi hamba taat,  meskipun kondisi di tengah hiruk pikuk dunia, termasuk pandemi wabah Covid-19. 

Semoga kita termasuk orang yang sukses hasil tempaan madrasah Ramadhan.

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya, kita tidak bisa menilai seseorang hari ini, bisa jadi esok ia Khusnul khatimah, begitu juga dengan Ramadhan, bertahan dengan bersungguh beramal shalih sampai penghujung adalah amalan terbaik, seperti dalam hadits Rasulullah Saw:

 “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya.” (HR. Bukhari).

Kalau kita ibaratkan, hari-hari akhir Ramadhan ini seperti babak final dalam sebuah kompetisi, para peserta semakin sedikit. Hanya mereka yang bersungguh-sungguh dan istiqamah berhasil lolos dari babak sebelumnya.

Kita bisa melihat kondisi di sekitar kita, juga perbandingan shaf-shaf shalat di fase akhir ini jelas berbeda, baik itu shalat fardhu maupun shalat Tarawih. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA