Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Apa Itu Manajemen Pemasaran?

Selasa 11 May 2021 10:38 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Apa Itu Manajemen Pemasaran? (Foto: Unsplash/Campaign Creators)

Apa Itu Manajemen Pemasaran? (Foto: Unsplash/Campaign Creators)

Pemasaran mengacu pada komunikasi, penciptaan dan penyampaian fungsi organisasi

Pemasaran mengacu pada proses komunikasi, penciptaan dan penyampaian fungsi organisasi kepada klien mereka yang bernilai. Mungkin Anda sudah tahu jika pemasaran adalah jiwa dari kesuksesan perusahaan. Perusahaan perlu mengkomunikasikan nilai dan fitur produk mereka secara efektif kepada pelanggan, kecuali jika mereka gagal mencapai target mereka. Manajemen pemasaran harus menjaga fungsi kritis ini.

Manajemen adalah proses menyelesaikan sesuatu secara terorganisir dan efisien. Manajemen pemasaran bertujuan untuk melakukan operasi kegiatan pemasaran yang efisien. Manajemen dapat pemasaran memperlancar proses pertukaran kepemilikan barang dan jasa dari penjual ke pembeli. Manajemen pemasaran, seperti semua bidang manajemen lainnya terdiri dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi ide, barang, serta jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan bagi individu atau organisasi. Dari penjabaran definisi tersebut, Anda dapat memahami bahwa manajemen pemasaran adalah proses yang melibatkan analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian barang, jasa, dan ide. Proses manajemen pemasaran didasarkan pada gagasan pertukaran.

Baca Juga: Apa Itu Referral Marketing?

Apa tujuan dari proses seperti itu? Jawaban sederhananya adalah memberikan kepuasan kepada semua orang yang terlibat dalam proses tersebut, termasuk perusahaan, pelanggan, distributor, dan semua yang terlibat didalamnya. 

Apa yang dilakukan manajer pemasaran, atau peran apa yang dia mainkan dalam proses yang melibatkan manajemen pemasaran? Tugasnya dalam proses ini adalah menemukan prospek dan merangsang mereka untuk membeli produknya. Tetapi ini tidak benar-benar menjelaskan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer pemasaran secara keseluruhan.

Sebagian besar pakar pemasaran percaya bahwa tugas manajer pemasaran adalah mengelola permintaan produknya. Anda perlu menyadari bahwa seorang manajer pemasaran memiliki tuntutan lainnya dalam mengemban tugasnya.  

Selain untuk meningkatkan permintaan akan produknya, manajer pemasaran melakukan banyak kegiatan lain yang beragam. Dia harus bisa mempengaruhi peningkatan, waktu, dan komposisi permintaan untuk membantu organisasinya dalam mencapai tujuannya.

Manajemen pemasaran memiliki tanggung jawab langsung untuk mencari tahu area di mana produk dan layanan perusahaan gagal memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, serta untuk memulai program pemasaran yang giat untuk memberikan kepuasan yang diinginkan secara eksplisit berdasarkan apa yang diminta oleh konsumen. Sifat dan tujuan manajemen pemasaran akan menjadi jauh lebih berorientasi pada konsumen dan lebih sedikit berorientasi pada produk dan atau perusahaan tersebut untuk keuntungan jangka panjang dari perusahaan itu sendiri.

Kegiatan dalam manajemen pemasaran meliputi:

1. Penetapan tujuan dan target pemasaran,

2. Mengembangkan rencana pemasaran,

3. Mengatur fungsi pemasaran,

4. Menerapkan rencana pemasaran ke dalam tindakan, dan

5. Mengontrol program pemasaran.

Manajemen Pemasaran adalah ilmu sekaligus seni. Mereka yang bertanggung jawab atas pemasaran harus memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai konsep dan praktik dalam pemasaran, komunikasi, dan keterampilan analitis, serta kemampuan untuk memelihara hubungan yang efektif dengan pelanggan, sehingga memungkinkan mereka untuk merencanakan dan melaksanakan rencana pemasaran.

Praktik berkelanjutan di bidang penjualan pribadi, promosi penjualan, dan periklanan akan memungkinkan mereka untuk menjadi ‘seniman’ pemasaran. Aspek ilmiah dan artistik dari pemasaran akan saling memengaruhi, yang mengarah ke generasi baru manajer pemasaran.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Manajemen Pemasaran 

1. Analisis

Pemasaran dimulai dengan melakukan identifikasi pasar di mana pemasar ingin terlibat didalamnya. Hal ini membutuhkan penyelidikan dan pemeriksaan rinci dari berbagai pasar dan pemilihan target yang menarik. Beberapa aspek tersebut antara lain identifikasi peluang dengan mengevaluasi ukuran pasar, tingkat pertumbuhan, persaingan, jalur distribusi, potensi keuntungan, dan tren lainnya. Analisis pasar adalah langkah penting pertama dalam menentukan di mana perusahaan berusaha memasarkan produk atau jasanya.

2. Perencanaan

Setelah pasar dipilih, pemasar harus merencanakan cara memuaskan pelanggan di pasar yang telah dipilih. Ini membutuhkan perencanaan tentang alat pemasaran yang berbeda dan kombinasinya yang harus dicampur untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Beberapa pertanyaan penting yang perlu dijawab antara lain produk apa yang akan dibuat, tingkat kualitasnya, harga yang akan dikenakan, elemen promosi, dan bagaimana produk itu akan tersedia. Pada dasarnya, perencanaan pemasaran adalah tentang menentukan strategi yang memerlukan perincian langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran yang telah ditetapkan.

3. Implementasi

Setelah perencanaan selesai, pemasar perlu melakukan tindakan lanjutan. Ini membutuhkan pengorganisasian dari aktivitas pemasaran dan pelaksanaannya. Misalnya, pelaksanaan rencana distribusi perusahaan brand ternama akan mencakup aktivitas seperti penanganan dus box di pabrik, memuatnya di truk, dan melakukan pengiriman di berbagai titik penjualan.

4. Pengendalian

Kontrol tetap diperlukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan yang sebenarnya dilakukan sesuai rencana. Penyimpangan dapat terjadi karena berbagai faktor. Oleh karena itu, pengendalian dalam hal peningkatan kegiatan pemasaran diperlukan agar dapat mencapai tujuan pemasaran. Misalnya, sebuah brand diiklankan untuk menciptakan awareness, yang efektivitasnya dinilai melalui mekanisme kontrol seperti penarikan kembali dan tindakan pengenalan. Penyimpangan kemudian dapat diidentifikasi dan tindakan korektif bisa Anda lakukan.

Manfaat Melakukan Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran telah menjadi fungsi terpenting dalam perusahaan komersial dan juga bisnis lainnya, serta memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap pembeli daripada sebelumnya. Manajemen pemasaran telah memperoleh arti penting untuk memenuhi dan mengembangkan tingkat persaingan dan perlunya metode distribusi yang lebih baik, agar dapat membantu meminimalkan biaya dan memaksimalkan keuntungan.

Strategi pemasaran memberikan banyak kesempatan dan ruang lingkup untuk memperoleh keuntungan dalam proses jual beli barang dan produk, dengan menciptakan utilitas waktu, tempat dan kepemilikan. Pelaksanaan aktivitas pemasaran semuanya penting karena ini adalah satu-satunya cara agar perhatian pelanggan dapat menghasilkan pendapatan dan mendatangkan keuntungan.

Baca Juga: Akun Instagram ini bongkar Strategi Digital Marketing Gratis di Instagram

Tidak akan terjadi keuntungan bisnis di belahan dunia mana pun sampai bisnis tersebut menjual sesuatu di pasar. Pemasaran adalah kunci utama yang menggerakkan perekonomian. Organisasi pemasaran, yang lebih terorganisir secara ilmiah, menjadikan perekonomian lebih kuat dan stabil dengan menyediakan sumber ide terbaru untuk meningkatkan perekonomian. Seiring berjalannya waktu, manajemen pemasaran akan semakin penting untuk dilakukan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA