Personel Penyekatan di Jalur Gentong Tasikmalaya Ditambah

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani

Petugas melakukan penyekatan pemudik di Jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (6/5).
Petugas melakukan penyekatan pemudik di Jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (6/5). | Foto: Republika/Bayu Adji P

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Jumlah kendaraan yang melintas melalui Jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, mulai mengalami peningkatan pada H-3 Lebaran, Senin (10/5). Kendaraan mayoritas melintas dari arah barat ke arah timur.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Doni Hermawan mengatakan, kepadatan kendaraan umumnya terjadi pada malam hari. Ia menyebutkan, pada Ahad (9/5) malam terdapat ratusan kendaraan roda dua yang melintas secara bergerombol.  

"Itu merupakan imbas jebolnya pos penyekatan di wilayah Bekasi dan Karawang," kata dia, Senin.

Menurut Doni, kendaraan roda dua yang melintas pada Ahad malam mencapai sekitar 500 unit secara bersamaan. Akibatnya, petugas yang berjaga kewalahan karena jumlah yang tak seimbang.

Untuk mengurai kendaraan, petugas di lapangan akhirnya melakukan pemecahan. Sebagian diputarbalikkan, tapi sebagian berhasil melintas.

"Kita berkoordinasi dengan polres lain, di Garut dan Ciamis. Sebagian kita biarkan lewat ke Ciamis, sebagian kita putar balikan," kata dia.

Doni mengatakan, kejadian pada Ahad malam akan menjadi evaluasi petugas di lapangan untuk melakukan penebalan personel pada malam hari. Sebab, pemudik lebih banyak melintas pada malam hingga dini hari.

Ia memprediksi, jumlah pemudik akan terus meningkat hingga hari H, bahkan setelah shalat id. "Kita akan lakukan penebalan pasukan. Terutama jelang hari H, untuk antisipasi kendaraan yang memaksa menerobos penyekatan," kata dia.

Doni juga mengimbau masyarakat agar tak memaksa mudik, sesuai kebijakan pemerintah. Sebab, ia menegaskan, kebijakan itu dibuat untuk meyelamatkan masyarakat dari penyebaran Covid-19.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Menhub: Arus Mudik Masih Tinggi Hingga Dua Hari ke Depan

Strategi Baru Pascajebolnya Pos Penyekatan Mudik di Karawang

9 Titik Penyekatan Pintu Masuk Sumbar Mulai Beroperasi

Wakapolda Jabar Minta Semua Titik Diprioritaskan

Arus Kendaraan Mulai Meningkat di Tasikmalaya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image