Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Hamilton Belajar Kenali Verstappen Usai Juara GP Spanyol

Senin 10 May 2021 15:17 WIB

Red: Israr Itah

Pembalap Formula Satu (F1) dari Mercedes Lewis Hamilton merayakan gelar juara GP Spanyol 2021 di podium

Pembalap Formula Satu (F1) dari Mercedes Lewis Hamilton merayakan gelar juara GP Spanyol 2021 di podium

Foto: EPA-EFE/Emilio Morenatti
Hamilton berjaya dengan strategi dua pit stop.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lewis Hamilton merebut kemenangan sensasional di Grand Prix Spanyol pada Ahad (9/5). Ia mengaku belajar lebih mengenal Max Vesrtappen setelah pertarungan di Sirkuit Barcelona-Catalunya hari itu. Hamilton start dari pole untuk ke-100 dalam kariernya, tetapi Verstappen memaksa sang pembalap Mercedes melebar di tikungan pertama dan mengambil alih pimpinan lomba pada lap pembuka.

Namun Hamilton mengeksekusi strategi dua pitstop dengan baik untuk memangkas defisit 22 detik. Ia mengambil alih pimpinan lomba dari Verstappen dalam enam lap terakhir setelah hampir sepanjang lomba mengejar di belakang sayap mobil pembalap Red Bull itu. Setelah menguntit begitu dekatnya dengan Verstappen, juara dunia tujuh kali tersebut mengungkapkan memperoleh informasi yang sangat berguna terkait rivalnya.

Baca Juga

"Ini sesungguhnya hari yang sangat baik," kata Hamilton seperti dikutip laman resmi Formula 1 (F1). "Saya belajar banyak tentang Max hari ini, mungkin lebih banyak dari yang saya pelajari dari seluruh balapan."

Akan tetapi, Hamilton tak menjelaskan lebih lanjut secara spesifik apa yang dia pelajari dari pembalap asal Belanda tersebut. Menurut Hamilton, ketika seseorang bersama pembalap di trek, orang tersebut bisa melihat hal berbeda dan mencermatinya.

"Tentunya, saya mengikutinya cukup dekat dan saya belajar banyak soal mobilnya dan tentang bagaimana dia menggunakannya. Jadi itu balapan yang bagus terkait hal tersebut,." kata dia.

Pascalomba Hamilton memuji strategi yang diterapkan timnya, tetapi mengaku dia tidak yakin apakah dia mampu mengatasi gap yang sangat besar untuk menyalip Verstappen di trek. Bahkan ketika pitstop kedua dia menghadapi dilema. 

Ia memaparkan, rencana Mercedes sepanjang akhir pekan ini adalah memastikan mereka memiliki dua ban medium tersedia untuk dua pitstop. Walaupun satu pitstop berpotensi terlihat lebih baik, Hamilton mengaku tahu dari pengalaman bahwa satu stop sangat amat berat dijalankan.

"Segera ketika kami mendapatkan kecepatan saya tahu saya bisa melewatinya... saya sempat berpikiran memiliki peluang menyalipnya sebelum saya masuk pit di akhir dan saya merasakan pertentangan, apakah saya masuk atau mengabaikan panggilan dan tetap di trek. Tapi ini tugas yang luar biasa dari semua yang ada di tim ini," kata Hamilton.

Kemenangan di Spanyol itu membuat Hamilton semakin kokoh di puncak klasemen pembalap setelah empat balapan dengan koleksi 94 poin, unggul 14 poin dari Verstappenpada peringkat kedua.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA