Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Produksi Kilang Balikpapan Pertamina 210 Ribu Barel Per Hari

Senin 10 May 2021 15:08 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha

Pertamina RU Balikpapan siap mendukung kesiapan dan kelancaran pemenuhan Bahan Bakar Minyak menjelang libur Idul Fitri.

Pertamina RU Balikpapan siap mendukung kesiapan dan kelancaran pemenuhan Bahan Bakar Minyak menjelang libur Idul Fitri.

Foto: Pertamina
Pertamina RU Balikpapan dukung kesiapan dan kelancaran pemenuhan BBM selama lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina RU Balikpapan siap mendukung kesiapan dan kelancaran pemenuhan Bahan Bakar Minyak menjelang libur Idul Fitri. Kesiapan RU Balikpapan dilakukan dengan membentuk tim satuan tugas pengendalian dan pemantauan kelancaran produksi dan penyaluran BBM & LPG menjelang dan pasca Idul Fitri Tahun 2021. 

"Tim ini sudah mulai bertugas H-14 hingga nanti H+14 Idul Fitri tahun 2021," kata General Manager RU Balikpapan Eko Sunarno, Senin (10/5).

Walau tahun ini pemerintah telah mengeluarkan aturan larangan mudik, Pertamina RU Balikpapan menurut Eko, tetap berkoordinasi dan siap mendukung Pertamina MOR untuk memenuhi kebutuhan konsumen terutama di Kalimantan dan Indonesia bagian Timur. "Koordinasi dengan Pertamina MOR yang bertugas mengantarkan BBM ke konsumen terus dilakukan secara intensif sehingga tugas Pertamina Group dapat dilaksanakan secara tuntas, mengolah dan memastikan BBM diterima di konsumen," ujar Eko.

Pertamina juga mengikuti ketentuan dari pemerintah untuk pekerja tidak mengambil cuti Idul Fitri. Oleh karena itu, operasional Kilang dipastikan akan berjalan seperti biasa.

Eko menjelaskan ada 3 poin utama yang akan dipersiapkan. Ketiganya adalah yaitu kesediaan bahan baku berupa minyak mentah, keandalan kilang, dan memastikan bahwa BBM tersebut dapat terkirimkan ke titik serah di Pertamina Pemasaran baik melalui jalur pipa maupun kapal.

Eko menyampaikan operasional kilang saat ini berjalan normal dan tidak ada kendala termasuk fasilitas pendukungnya. Sehingga produksi BBM tetap berjalan dengan baik. Termasuk juga optimalisasi pekerja di Kilang. 

"Rata-rata pengolahan di bulan Mei ini dan diprediksi akan sama dengan bulan sebelumnya di angka 210 ribu barel per hari," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA