Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

6 Langkah Mudah untuk Tetap Hemat di Hari Lebaran

Selasa 11 May 2021 11:06 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Lebaran 2021: 6 Langkah Mudah untuk Tetap Hemat di Hari Lebaran Nanti

Lebaran 2021: 6 Langkah Mudah untuk Tetap Hemat di Hari Lebaran Nanti

6 Langkah Mudah untuk Tetap Hemat di Hari Lebaran Nanti

Kita sudah memasuki bulan puasa dan beberapa pekan lagi akan menghadapi lebaran. Ini akan menjadi lebaran kedua di masa pandemi dan tentunya masih berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Banyak kebiasaan yang berubah selama selama masa pandemi ini, termasuk ketika menghadapi momen lebaran. Anda mungkin saja memiliki cukup budget untuk merayakan lebaran tahun ini, namun hal tersebut tidak bisa menjadi alasan untuk boros. 

Di masa pandemi seperti ini, keuangan akan rentan mengalami perubahan, termasuk memiliki resiko yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Hindari membelanjakan terlalu banyak uang untuk kebutuhan lebaran nanti, agar bisa menyimpan lebih banyak uang ke pos tabungan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara menekan berbagai pengeluaran dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa dilakukan untuk tetap hemat di hari lebaran nanti:

 

1. Alokasikan dana mudik dengan tepat

dana mudik

Mudik mungkin sudah menjadi agenda tetap Anda setiap tahunnya, di mana Anda juga menganggarkan sejumlah dana untuk kebutuhan ini. Namun untuk tahun ini, secara resmi pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik. 

Artinya, Anda tidak akan pergi mudik tahun ini dan dana mudik yang Anda siapkan tidak akan terpakai sama sekali. Pastikan Anda tidak gegabah untuk menggunakan dana mudik ini untuk berbagai kebutuhan yang tidak penting.

Dana mudik bisa terbilang cukup besar, apalagi jika Anda terbiasa mudik bersama dengan seluruh anggota keluarga. Alokasikan dana ini dengan cara yang tepat, sehingga bisa memberikan manfaat bagi keuangan Anda di masa yang akan datang. 

Anda bisa mengalokasikannya sebagai dana darurat, apalagi jika belum memiliki dana darurat dalam jumlah ideal. Selain itu, Anda juga bisa menginvestasikan sebagian dana mudik tersebut dan menyimpan sebagian lainnya ke dalam pos tabungan. 

Baca Juga: Tak Dapat THR, Begini Cara Siasati Biaya Kebutuhan Ramadan hingga Lebaran

2. Memaksimalkan penggunaan THR Anda

THR

Bagi Anda yang bekerja, sudah jelas Anda akan mendapatkan sejumlah THR dari perusahaan. Jangan terburu-buru untuk membelanjakan THR Anda untuk berbagai kebutuhan yang tidak penting, meskipun ada pengeluaran lebaran yang bisa dihemat di dalam keuangan Anda. 

Manfaatkan THR dengan cara yang tepat, lihatlah apa saja yang perlu dibenahi di dalam keuangan Anda, misalnya membayar hutang dan cicilan lainnya. Anda juga bisa mengalokasikan dana THR ini untuk berbagai kebutuhan penting lainnya, seperti: uang muka rumah, pelunasan kredit kendaraan, tabungan pensiun, investasi, dan yang lainnya.

3. Pangkas biaya baju dan juga kue lebaran

kue lebaran

Di masa pandemi ini, Anda tentu tidak bisa bersilaturahmi secara langsung kepada sanak saudara. Tidak akan ada tamu yang berkunjung, sehingga tidak perlu menyediakan banyak makanan dan kue-kue lebaran. 

Selain itu, Anda juga tidak perlu membeli berbagai baju baru untuk bertamu atau sekedar menerima tamu di rumah seperti tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ini akan membuat Anda mampu menghemat cukup banyak dana, sehingga bisa menabung cukup banyak uang sebagai simpanan.

4. Hindari godaan diskon

diskon

Belanja online sudah menjadi rutinitas tersendiri selama pandemi, termasuk menjelang lebaran nanti. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Anda akan berhadapan dengan berbagai penawaran dan diskon yang sangat menarik. 

Pastikan Anda tidak mudah tergoda dengan semua ini, meskipun memiliki cukup banyak uang untuk belanja. Jika perlu, Anda bisa mematikan notifikasi dari marketplace kesayangan Anda atau bahkan menghapus berbagai aplikasi marketplace tersebut untuk sementara.

Baca Juga: 5 Dosa Keuangan yang Bisa Bikin Kamu Melarat Usai Lebaran

5. Tabung anggaran buka puasa Anda

anggaran buka puasa

Buka bersama sudah menjadi hal yang lazim dilakukan di bulan puasa dan Anda pasti sudah memiliki anggaran khusus untuk aktivitas tersebut. Namun aktivitas yang satu ini tentu tidak mungkin dilakukan di masa pandemi ini, mengingat ada larangan berkumpul dan beramai-ramai. 

Dana buka puasa ini bisa saja cukup besar, apalagi jika biasanya Anda sering melakukan acara berbuka puasa bersama teman maupun kerabat lainnya. Simpan dana buka puasa dan alokasikan ke dalam tabungan. Kelak Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan yang lebih penting.

6. Tentukan dan siapkan anggaran lebaran dalam jumlah tepat

anggaran lebaran

Jangan lupa untuk membuat anggaran lebaran Anda dengan tepat. Pastikan berbagai kebutuhan Anda dan keluarga bisa terpenuhi dengan seimbang dan tetap dengan budget hemat. Siapkan dana untuk kebutuhan lebaran tahun ini dengan baik, agar kondisi keuangan tetap berjalan dengan lancar. Hal ini akan mempermudah Anda mengontrol pengeluaran dan juga keuangan Anda secara keseluruhan. 

Nikmati Hari Lebaran dengan Hemat dan Hikmat

Lebaran akan segera tiba dan Anda tentu ingin menyambutnya dengan persiapan yang matang. Di masa pandemi ini, pastikan Anda tetap menjaga pengeluaran selama lebaran dengan ketat. Lakukan penghematan di dalam keuangan dengan baik, agar Anda sekeluarga tetap bisa menikmati momen lebaran dengan hemat dan hikmat di tahun ini.

Baca Juga: 5 Pengeluaran yang Harus Anda Persiapkan Menjelang Lebaran

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA