Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Usai Elon Musk Tampil di SNL, Harga Dogecoin Anjlok

Senin 10 May 2021 08:45 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

CEO Tesla Elon Musk

CEO Tesla Elon Musk

Foto: AP Photo/John Raoux
Dogecoin mencapai harga terendahnya 0,416, turun 36 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dogecoin kehilangan lebih dari sepertiga harganya pada Ahad (9/5), setelah miliarder pendukung mata uang kripto Elon Musk menyebutnya sebagai 'hiruk pikuk' selama ia tampir sebagai host di acara TV sketsa komedi Saturday Night Live (SNL).

Dogecoin mencapai harga terendahnya 0,416, turun 36 persen dari level sekitar 0,65 dolar AS sebelum Musk tampil di SNL. Seperti dikutip dari laman Reuters, Senin (10/5) Kepala eksekutif Tesla Inc ini menjadi pembawa acara SNL.

Baca Juga

Penggemar cryptocurrency selama berhari-hari sangat ingin melihat apa yang akan dia katakan, setelah tweetnya tahun ini mengubah mata uang digital yang dulunya tidak jelas, yang dimulai sebagai lelucon media sosial, menjadi mimpi spekulan.

Ditanya 'apa itu Dogecoin', Musk menjawab, "Ini adalah masa depan mata uang. Ini adalah sarana keuangan yang tak terhentikan yang akan mengambil alih dunia."

Ketika komedian Michael Che membalas, "Jadi, ini keributan?", Musk menjawab, "Ya, itu hiruk pikuk," dan tertawa.

Musk adalah maestro bisnis langka yang diminta menjadi pembawa acara TV komedi SNL. Penampilannya pada acara larut malam yang ikonik ini membuat Musk kembali menjadi sorotan sama seperti saat saham Tesla yang kehilangan tenaga setelah reli pada tahun lalu.

Musk telah memposting banyak komentar tentang cryptocurrency di akun Twitternya dan mengkritik uang tunai biasa karena memiliki suku bunga riil negatif.

"Hanya orang bodoh yang tidak akan mencari di tempat lain," katanya pada Februari lalu.

Kicauan samar-samar miliknya "Doge" dan "Dogecoin adalah crypto rakyat" pada saat itu memicu reli harga Dogecoin.

Menurut data yang dirilis CoinGecko.com, Dogecoin telah melonjak lebih dari 800 persen selama sebulan terakhir dan sekarang menjadi mata uang digital terbesar keempat, dengan kapitalisasi pasar 73 miliar dolar AS. Ini mencapai rekor tertinggi Kamis di atas 0,73 dolar AS.

Beberapa ahli crypto mengatakan bahwa aksi jual dogecoin hari Minggu didorong oleh spekulasi dan bahwa Musk tidak merusak prospek jangka panjangnya. "Fundamental jangka panjang doge masih utuh. Ini adalah kesempatan membeli. Ini adalah mata uang sosial yang sebenarnya, itulah nilainya,” kata Jehan Chu, mitra pengelola di perusahaan modal ventura blockchain Hong Kong, Kenetic Capital.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA