Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Hamilton Berjaya di GP Spanyol Berkat Strategi Dua Pit Stop

Ahad 09 May 2021 23:26 WIB

Red: Israr Itah

Pembalap Formula Satu (F1) dari Mercedes Lewis Hamilton merayakan gelar juara GP Spanyol 2021 di podium

Pembalap Formula Satu (F1) dari Mercedes Lewis Hamilton merayakan gelar juara GP Spanyol 2021 di podium

Foto: EPA-EFE/Emilio Morenatti
Hamilton mencatatkan waktu tercepat 1 jam 33 menit 7,680 detik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menjuarai Grand Prix Spanyol untuk kelima kalinya secara beruntun setelah menjadi yang tercepat dalam race yang berlangsung di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Ahad (9/5). Hamilton mencatatkan waktu tercepat 1 jam 33 menit 7,680 detik.

Hamilton meredam perlawanan rivalnya dari tim Red Bull Max Verstappen lewat adu strategi brilian. Verstappen yang memimpin hampir sepanjang lomba harus puas sebagai runner-up di balapan ke-100nya bersama tim Red Bull setelah finis 15,841 detik dari Hamilton yang merebut kemenangan ketiganya musim ini, demikian laman resmi Formula 1. Valtteri Bottas sempat kehilangan posisinya di awal lomba karena Charles Leclerc, tapi mampu mengamankan podium tambahan untuk Mercedes di P3.

Baca Juga

Kemenangan sang pembalap Britania terwujud berkat dua strategi pitstop yang bekerja lebih baik ketimbang rivalnya. "Saya merasa luar biasa setelah ini, saya merasa bisa melakukannya lagi," kata Hamilton merayakan kemenangan ke-98 dalam kariernya itu.

Ia mengaku tidak yakin saya bisa membuat bannya bertahan, tapi ternyata berhasil. Menurut Hamilton, ini suatu pertaruhan tapi strategi yang luar biasa dari tim.

Kendati Sirkuit Barcelona-Catalunya tidak menjadi lokasi tes pramusim tahun ini untuk pertama kalinya, para pembalap sangat paham dengan karakteristik sirkuit di Montmelo itu. Mereka mengenalnya sebagai trek dengan sedikit kesempatan untuk menyalip. Tahun ini, Tikungan 10 mengalami sedikit modifikasi untuk mengurangi zona pengereman, tapi Tikungan 1 masih menawarkan kesempatan terbaik untuk melakukan overtaking.

Hamilton start terdepan untuk ke-100 dalam kariernya, tetapi Verstappen memaksa sang pembalap Mercedes melebar di tikungan pertama dan mengambil alih pimpinan lomba di lap pembuka. Namun, Verstappen kehilangan margin keunggulannya atas Hamilton setelah Safety Car dikeluarkan pada lap ke-9 karena mobil AlphaTauri Yuki Tsunoda mogok di Tikungan 10.

Menerapkan strategi yang berbeda, Verstappen masuk pit lebih dini pada lap 24 untuk ban medium, sementara Hamilton mencoba menjaga umur bannya lebih lama di trek dan membangun gap. Hamilton masuk pit di lap 29, tetapi ketika keluar jalur pit ia menyaksikan Verstappen dengan mudah mengambil alih pimpinan lomba.

Dengan ban yang lebih baru, Hamilton perlahan...

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA