Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Pusat Perbelanjaan Dalem Kaum dan Kepatihan Dipadati Warga

Ahad 09 May 2021 22:08 WIB

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan

Suasana pengunjung Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Ahad (9/5). Mendekati Lebaran pusat-pusat perbelanjaan di Kota Bandung diserbu pengunjung.

Suasana pengunjung Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Ahad (9/5). Mendekati Lebaran pusat-pusat perbelanjaan di Kota Bandung diserbu pengunjung.

Foto: Edi Yusuf/Republika
Warga mengaku khawatir dengan animo masyarakat memadati kawasan pusat perbelanjaan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah pusat perbelanjaan di Jalan Dalem Kaum dan Jalan Kepatihan, Kota Bandung pada Ahad (9/5) sore dipadati oleh masyarakat yang hendak berbelanja jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang jatuh pada hari Kamis (13/5). Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung tidak menyurutkan animo masyarakat di Kota Bandung untuk berbelanja.

Berdasarkan pantauan, kawasan Jalan Dalam Kaum yang banyak terdapat puluhan pusat perbelanjaan dipadati oleh warga Bandung dan sekitarnya yang hendak berbelanja. Jumlah warga yang berkumpul terbilang banyak dibandingkan hari-hari sebelum jelang Lebaran 1442 Hijriah.

Konsekuensi dari adanya kepadatan warga di wilayah tersebut membuat protokol kesehatan menjadi terabaikan. Salah satunya, penerapan jaga jarak antar sesama warga tidak terjadi dan malah cenderung berdekatan. Sebagian kecil warga terlihat abai memakai masker atau memakai dengan cara yang tidak tepat.

Terdapat beberapa petugas Satpol PP yang memantau pergerakan masyarakat termasuk terus mengimbau terkait penerapan protokol kesehatan. Namun, jumlah personil yang sedikit dibandingkan warga yang memadati Jalan Dalem Kaum membuat para petugas cenderung diabaikan.

Sedangkan di Jalan Kepatihan, arus lalu lintas terpantau ramai lancar dan cenderung padat. Trotoar di kanan kiri jalan tersebut dipadati oleh pedagang dan para pejalan kaki akibatnya jaga jarak sulit diterapkan.

Sementara itu, sejumlah warga yang hendak memasuki Kings Mall harus rela mengantre panjang agar bisa masuk ke dalam gedung. Kondisi tersebut berlangsung dampak dari mengikuti kebijakan kapasitas 50 persen pengunjung di dalam mal.

Di sisi kanan Jalan Kepatihan, pergerakan masyarakat yang hendak memasuki ke dalam salah satu pusat perbelanjaan Yogya Kepatihan terpantau ramai dan padat. Trotoar di dekat kawasan Plasa Parahyangan turut dipadati pejalan kaki termasuk di dalam gedung yang ramai oleh pengunjung.

Mayoritas masyarakat di kawasan pusat perbelanjaan tersebut menggunakan masker. Namun didapati sebagian kecil masyarakat yang tidak memakai masker atau memakai masker dengan cara yang salah. Petugas yang melakukan penjagaan lebih sedikit dibandingkan membludaknya pengunjung.

Sementara itu, Jalan Otto Iskandar Dinata akses menuju Pasar Baru Trade Center ditutup oleh petugas kepolisian. Hal itu dilakukan akibat dampak kepadatan kendaraan di sepanjang Jalan Otto Iskandar Dinata tepatnya menuju Jalan Kepatihan Bandung.

Salah seorang warga, Atep Burhanudin mengaku khawatir dengan animo masyarakat yang memadati kawasan pusat perbelanjaan di Jalan Dalem Kaum dan Jalan Kepatihan Bandung. Ia khawatir akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 terlebih penerapan protokol kesehatan yang terkesan abai diterapkan secara disiplin.

"Ngeri saja dengan antusias warga berbelanja dan datang ke pusat perbelanjaan. Mudah-mudahan tidak ada kejadian yang tidak diharapkan atau terpapar Covid-19," ujarnya di Jalan Dalem Kaum, Ahad (9/5).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA