Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Rekomendasi Teh Sehat Sebelum Tidur

Ahad 09 May 2021 20:37 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Teh tidak mengandung kafein sehingga tidak akan mengganggu tidur.

Teh tidak mengandung kafein sehingga tidak akan mengganggu tidur.

Foto: Pixabay
Teh tidak mengandung kafein sehingga tidak akan mengganggu tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi kebanyakan orang, makan malam bisa menjadi porsi terbanyak dalam sehari. Hal ini disebabkan makan pagi dan siang yang terburu-buru.

Makan lebih awal di malam hari dengan menu yang mudah dicerna, aeperti sup, ikan, lentil, dan nasi, dapat membantu meringankan masalah pencernaan, begitu juga dengan menyeruput teh yang menyehatkan usus. Teh yang diramu dengan herbal dapat menenangkan perut. Selain itu, membantu pencernaan setelah makan malam. 

Baca Juga

Ahli diet terdaftar Amy Schwarz, RD, dan Kirsten Jackson, RD, ahli diet gastroenterologi menjelaskan bagaimana teh dapat membantu pencernaan. Teh tidak mengandung kafein sehingga tidak akan mengganggu tidur. 

Berikut tiga teh bebas kafein yang bisa menyehatkan usus dan cocok diminum setelah makan malam, menurut ahli diet terdaftar, dikutip Well and Good, Ahad (9/5).

 

1. Teh jahe

Teh jahe menempati urutan teratas dalam daftar teh untuk kesehatan usus yang bisa diminum malam hari. Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa jahe dapat mempercepat pengosongan lambung, yang membantu [mencegah] gangguan pencernaan.

Menikmati secangkir teh jahe hangat dapat membantu proses pencernaan berjalan lebih cepat sehingga perut tidak membuat terjaga saat mencoba untuk tidur. Namun, kembung dan sembelit sering kali menjadi dua gejala lain yang bisa diredakan oleh jahe. Ramuan teh jahe dapat jadi alternatif alami untuk antasida jika gangguan pencernaan adalah masalah seseorang.

 

2. Teh peppermint

Peppermint telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah pencernaan. Peppermint menenangkan perut dengan mencegah kontraksi otot perut, yang kemudian membuat perut tidak kram. Ini terutama terbukti bermanfaat bagi orang dengan sindrom iritasi usus besar. Bagaimanapun, ramuan ini akan bekerja dengan ajaib untuk menenangkan pencernaan sehingga bisa tidur lebih nyenyak.

 

3. Teh kamomil

Ini adalah teh klasik sebelum tidur karena ramuan tersebut sangat terkait dengan relaksasi, tetapi ramuan ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan usus. Ramuan ini mengandung prebiotik, yang merupakan makanan untuk bakteri usus dan juga dapat membantu meredakan sembelit. Makanan atau ramuan apa pun yang dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus tentu bagus dikonsumsi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA