Ahad 09 May 2021 12:44 WIB

Putin akan Tinjau Kekuatan Militer Rusia

Parade itu menampilkan kekuatan militer di Red Square Moskow

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
 Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato kenegaraan tahunannya di Manezh, Moskow, Rusia, Rabu, 21 April 2021.
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko/AP Pool
Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato kenegaraan tahunannya di Manezh, Moskow, Rusia, Rabu, 21 April 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Vladimir Putin diperkirakan akan meninjau parade kemenangan tradisional Perang Kedua pada Ahad (9/5). Parade itu menampilkan kekuatan militer di Red Square Moskow, untuk memperingati 76 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua.

Parade militer itu diperkirakan akan menampilkan lebih dari 12 ribu tentara, 190 perangkat militer, termasuk peluncur rudal balistik antarbenua, serta 80 pesawat terbang militer. Putin dijadwalkan menghadiri parade tersebut yang akan dimulai pada pukul 07.00 pagi waktu setempat, bersama dengan para veteran perang Soviet. 

Baca Juga

Parade tahun ini mendahului pemilihan parlemen yang dijadwalkan pada September. Selain itu, parade berlangsung ketika terjadi ketegangan hubungan Moskow dengan Barat.

Parade itu mengikuti pertunjukan kekuatan militer besar-besaran di dekat perbatasan Ukraina dan Krimea yang dianeksasi Rusia pada 2014. Parade militer yang lebih kecil direncanakan pada Ahad di kota-kota di seluruh Rusia, di Krimea yang dianeksasi, dan di pangkalan udara Hmeymim Rusia di Suriah. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement