Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Mudik Dilarang, Citilink Maksimalkan Penerbangan Kargo

Ahad 09 May 2021 08:54 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Pesawat khusus kargo Citilink Indonesia.

Pesawat khusus kargo Citilink Indonesia.

Foto: Citilink Indonesia
Citilink melayani 36 penerbangan kargo ke 20 rute di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan adanya pemberlakuan larangan mudik, maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia memaksimalkan penerbangan kargo. Direktur Utama Citilink Juliandra mengatakan seluruh maskapai di Indonesia harus kembali mengatur ulang strateginya dalam menjaga kelangsungan bisnis perusahaan pada masa Lebaran yang seharusnya menjadi peak season bagi maskapai.

"Sejak mulai diberlakukannya hari pertama peniadaan mudik lebaran, penerbangan kargo Citilink mengalami peningkatan dan ini merupakan sebuah berkah untuk Citilink,” kata Juliandra dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (9/5).

Baca Juga

Juliandra mengatakan Citilink memaksimalkan angkutan kargo sebagai strategi perusahaan dalam mengoptimalkan bisnisnya di tengah periode peniadaan mudik Lebaran tahun ini. Dia menuturkan, Citilink memperkuat layanan penerbangan kargo domestik Indonesia dengan melayani 36 penerbangan kargo ke 20 rute di Indonesia pada 6 Mei 2021.  

Dia menilai penerbangan kargo  pada periode ini memiliki peran yang cukup signifikan. "Pada periode peniadaan mudik ini banyak masyarakat yang memilih untuk mengirimkan barang hantaran sebagai sarana silaturahmi dengan keluarga dan kerabat," jelas Juliandra.

Juliandra mengatakan pada 6 Mei 2021, Citilink mengangkut total kargo sekitar 250 ton dengan rata-rata kargo yang diangkut di setiap penerbangan adalah 70 persen. Produk kargo yang diangkut sebanyak 95 persen merupakan produk general cargo seperti barang hantaran dan dokumen.  

Dia menuturkan, saat ini, Citilink telah mengangkut kargo ke berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Pekanbaru, Pontianak, Batam dan berbagai kota lainnya. Penerbangan kargo dilakukan dengan menggunakan armada jenis Airbus A320, ATR 72-600 dan Boeing B735 (freighter)

“Ke depannya, Citilink berkomitmen untuk dapat semakin memperluas jaringan penerbangan kargo di kota-kota Indonesia lainnya dengan tujuan untuk dapat mempermudah kebutuhan distribusi logistik Indonesia,” ungkap Juliandra.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA