Pengunjung The Lawu Park Tawangmangu Sepi

Red: Muhammad Fakhruddin

Pengunjung The Lawu Park Tawangmangu Sepi (ilustrasi).
Pengunjung The Lawu Park Tawangmangu Sepi (ilustrasi). | Foto: Antara/Maulana Surya

REPUBLIKA.CO.ID,KARANGANYAR -- Objek wisata alam The Lawu Park di Desa Gondosuli Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, selama bulan puasa Lebaran 2021 tetap buka, tetapi sepi pengunjung.

Jumlah pengunjung di wisata alam The Lawu Park di Desa Gondosuli Tawangmangu selama puasa rata-rata sekitar 30 hingga 50 pengunjung per hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, kata Manager The Lawu Park Tawangmangu Anggun Nila Monica, di Karanganyar, Sabtu (8/5).

"Kami selama pandemi COVID-19 selain menerapkan protokol ketat, juga membatasi pengunjung sekitar 50 persen dari kapasitas," kata Anggun Nila Monica.

Namun, jumlah pengunjung di The Lawu Park saat akhir pekan sedikit ada peningkatan yakni sekitar 100 hingga 200 orang. Kebanyakan pengunjung wisatawan asal Solo dan sekitarnya, dan ada beberapa orang dari Madiun dan Ponorogo.

Adanya kebijakan pemerintah larangan Mudik 2021 akan manfaatkan promo wisatawan dari lokal Solo Raya dengan strategi menyakinkan menerapkan protokol kesehatan sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman.

Pengunjung yang datang ke The Lawu Park melalui penerapan prokes pertama wajib memakai amsker, kemudian diukur suhu badan dengan termogun, dan cuci tangan sabun. Pengunjung yang tidak memakai masker pengelola langsung memberikan dengan gratis.

Bahkan, jumlah pengunjung dibatasi sekitar 50 persen dari kapasitasnya. Pengelola paling membatasi sekitar 300 orang, jika belum ada pengunjung yang keluar area tidak menambah pengunjung masuk.

Kendati demikian pihaknya yakin jumlah pengunjung akan mengalami peningkatkan saat Lebaran. Pengunjung sebelum pandemi COVID-19, pada Lebaran bisa mencapai 1.000 hingga 1.500 orang per hari.

The Lawu Park selain taman salju juga menyuguhkan wahana lain seperti taman kelinci, taman domba, tempat bermain, tembatan jalatunda, hutan anggrek, swafoto deck, spot swafoto tematik, lokasi kamping, resto dan cafe. Lawu Park juga menawarkan wahana out bond flying fox, jaring laba-laba, trail advanterue dan Jeep advanture dengan menikmati pemandangan pegunungan dengan udara yag sejuk.

"Kami saat ini, menambah wahana baru yakni arena mobil-mobilan yang memanjakan putra putrinya bermain ketangkasan dalam mengemudikan mobil mainan," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto menjelaskan desinasi wisata di Karanganyar pada periode larangan Mudik Lebaran 2021 tetap dibuka.

Menurut Titis Sri Jawoto destinasi wisata di Karanganyar, dari sejak dibuka pada tanggal 16 Juni 2020 hingga saat ini, merupakan salah satu sektor yang relatif paling baik dalam penerapan protokol kesehatan.

"Hal ini, justru yang kami jadikan daya tarik di masa new normal ini, sehingga wisatawan merasa aman dan nyaman berada di objek wisata Karanganyar," kata Titis.

Selain itu, pihaknya juga telah membentuk tim pemantau khusus operasional usaha wisata di Karanganyar, yang terdiri dari lintas sektor, Satpol PP, Dinkes, BPBD dan Disparpra untuk memantau kepatuhan itu. Pelaku usaha wisata yang lalai akan di peringatan dan bahkan ditutup usahanya.

Menurut dia, pencegahan COVID-19 di sektor kepariwisataan di Karanganyar dijalankan bukan hanya sebagai kewajiban untuk menjalankan dan kepatuhan terhadap setiap kebijakan pemerintah terutama di bidang pencegahan COVID-19, namun sudah menjadi kebutuhan para pelaku usaha kepariwisataan di daerahnya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Jumlah Pengunjung Lawu Park Karanganyar Terus Meningkat

Lawu Park Tawangmangu Mulai Dibuka

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark