Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Trik Mengolah Beras Shirataki Agar tidak Bau

Sabtu 08 May 2021 19:50 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Ada beberapa trik untuk mengolah beras shirataki (ilustrasi).

Ada beberapa trik untuk mengolah beras shirataki (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Karena tekstur shirataki yang cenderung kaku, sebaiknya ditambahkan sedikit air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini semakin banyak orang yang memilih mengurangi konsumsi karbohidrat atau rendah kalori. Namun untuk mencapai itu, bukan berarti tidak bisa menikmati makanan enak.

Chef Rendy Kongs yang juga Head Corporate Chef PT Sasa Inti, berbagi trik memasak nasi goreng rendah kalori dan juga bernutrisi. Walaupun dibuat di rumah, rasanya tidak kalah dengan yang hidangan restoran. Resep ini bisa dibuat saat berbuka puasa ataupun sahur.

"Zaman sekarang orang mau mengurangi karbo, saya kasih ide nasi goreng dengan shirataki," kata Chef Kongs dalam acara peluncuran Sasa Nasi Goreng Matah dan Rekor MURI, beberapa waktu lalu.

Untuk mengolah beras shirataki, ada trik tersendiri. Panaskan air sampai mendidih, baru masukan shirataki. Tahap selanjutnya, bilas dengan air matang dan tiriskan.

Tujuannya untuk menghilangkan bau bawaan dari shirataki. Tambahan protein akan diperlukan dalam olahan nasi goreng. "Panaskan wajan untuk masak telur, atau suwiran ayam, jamur juga boleh, tambahkan yang lain juga boleh," kata dia lagi.

Tambahan sayur juga tidak kalah penting dalam pemenuhan kelengkapan nutrisi. Jenis sayurnya ini juga bisa disesuaikan selera, seperti wortel, kacang polong, dan lainnya. Aduk rata, baru terakhir masukan shirataki. Karena tekstur shirataki yang biasanya cenderung kaku, sebaiknya ditambahkan sedikit air.

Aduk rata kembali sampai mengering, lalu bisa tambahkan bumbu Sasa Nasi Goreng Matah. Aduk kembali hingga siap disantap. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA