Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Cara Bikin Kulit Leher Tampak Awet Muda

Sabtu 08 May 2021 19:34 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Kulit leher (ilustrasi).

Kulit leher (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Kulit di area leher lebih tipis dan sensitif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika bicara mengenai perawatan kulit, area kulit di sekitar leher jarang mendapatkan sorotan. Padahal, area kulit di leher merupakan hotspot dari penuaan kulit.

"Meski merupakan hotspot penuaan kulit, leher kita belum pernah menjadi prioritas," jelas Direktur Edukasi Asia Pasifik untuk Dermalogica Emma Hobson, seperti dilansir di South China Morning Post, Sabtu (8/5).

Salah satu masalah penuaan kulit leher yang berkaitan dengan situasi masa kini adalah tech neck. Tech neck merupakan sebutan untuk gejala-gejala yang timbul akibat kebiasaan menunduk secara terus-menerus untuk menatap layar ponsel, laptop, atau komputer.

"Tekanan yang repetitif untuk melihat ke layar gawai kita memberikan tekanan yang besar terhadap otot leher dan kulit leher kita," ujar Hobson. 

Kondisi tersebut dapat memicu beragam masalah, mulai dari leher terasa kaku, sakit kepala, hingga penuaan dini pada kulit leher. Dengan kata lain, tampilan kulit leher tak hanya dipengaruhi oleh usia tetapi juga postur tubuh yang kurang baik akibat kebiasaan di kehidupan moderen saat ini.

"Mengingat kulit di area leher lebih tipis dan sensitif, Anda mungkin akan menyadari bahwa Anda memiliki kebutuhan dan kekhawatiran yang berbeda mengenai area tersebut dibandingkan area wajah," ujar pelatih nasional untuk Sisley Australia, April Roberts.

Selain tech neck, masalah lain yang juga kerap menjadi kekhawatiran di kulit bagian leher adalah kehilangan ketegasan dan kemunculan kerut horizontal. Oleh karena itu, kulit di area leher membutuhkan produk perawatan kulit yang spesifik ditujukan pada masalah-masalah tersebut.

Selain memilih produk yang khusus ditujukan untuk kulit leher, ahli kesehatan kulit Melanie Grant juga memberikan beberapa langkah perawatan kulit leher yang baik untuk dilakukan. Langkah pertama yang tak boleh terlewatkan adalah membersihkan area leher secara saksama.

Setelah area kulit leher bersih, aplikasikan produk perawatan khusus kulit leher seperti serum, minyak, atau krim. Yang tak kalah penting adalah mengaplikasikan tabir surya setelahnya.

"Pastikan Anda mengaplikasikan tabir surya broad spectrum pada area ini (leher)," ujar Grant.

Untuk mengatasi masalah tech neck, Grant menganjurkan peregangan pasa area leher di sela-sela menjalani aktivitas sehari-hari. Peregangan ini bisa dilakukan dengan cara memposisikan rahang dalam posisi overbite sambil menjaga posisi leher tetap tegak selama 10 detik.

"Anda bisa mengulang ini sepanjang hari dan ini sangat baik untuk dilakukan sambil duduk di meja kerja," kata Grant.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA