Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Universitas BSI Sukabumi Gelar Pesantren Kilat

Sabtu 08 May 2021 13:03 WIB

Red: Hiru Muhammad

Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himasa) Universitas BSI Kampus Sukabumi baru saja menyelenggarakan Pesantren Kilat yang digelar secara daring melalui Zoom, Selasa (4/5).

Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himasa) Universitas BSI Kampus Sukabumi baru saja menyelenggarakan Pesantren Kilat yang digelar secara daring melalui Zoom, Selasa (4/5).

Foto: istimewa
Tujuan acara ini untuk meningkatkan keistiqomahan di bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI-–Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himasa) Universitas BSI Kampus Sukabumi baru saja menyelenggarakan Pesantren Kilat yang digelar secara daring melalui Zoom, Selasa (4/5). Acara ini menjadi yang pertama kali diadakan oleh Himasa Universitas BSI Kampus Sukabumi. 

Ketua pelaksana kegiatan, Dinda Ramdiani A mengatakan, tujuan acara ini untuk meningkatkan keistiqomahan di bulan Ramadhan. Acara ini diikuti oleh mahasiswa Himasa dan UKM Kerohanian Universitas BSI Kampus Sukabumi.

Kang Nasrudin, ketua UKM Kerohanian hadir sebagai narasumbernya. Ia memberi materi tentang pentingnya Istiqomah dalam melakukan kebaikan. “Istiqomah artinya lurus dan secara istilah adalah suatu perbuatan dan sifat yang senantiasa mengikuti jalan yang lurus yakni jalan yang diridhai Allah SWT. Dalam beribadah, Istiqomah berarti suatu sikap untuk senantiasa menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT,” terangnya.

Menurutnya, perintah untuk beristiqomah tatkala beribadah sejalan dengan perintah untuk selalu berada di jalan yang lurus. Kang Nasrudin juga menjelaskan cara agar bisa tetap Istiqomah di jalan Allah.

“Diantara cara agar tetap istiqomah di jalan allah : Meluruskan niat, Memahami makna syahadat, Memperbanyak bacaan Al-Quran, Meningkatkan kualitas ibadah sedikit demi sedikit, bergaul dengan orang-orang shaleh, dan berdo’a dan berzikir kepada Allah SWT,” tutur Nasrudin.

Sementara itu, Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI Kampus Sukabumi, Rizal Amegia Saputra menuturkan, kegiatan ini sangat mulia sekali bagi para mahasiswa. Menurutnya, mahasiswa butuh siraman rohani seperti ini, apalagi mereka dapatkan di bulan suci Ramadhan.

“Kampus mendukung penuh kegiatan seperti ini. Kegiatan berbau religi mungkin tidak banyak diminati para kaum muda saat ini. Akan tetapi Pesantren Kilat dari mahasiswa Himasa patut diberi apresiasi tinggi,” kata Rizal.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA