SDIT Nur Hidayah Solo Bagikan Zakat Fitrah ke Warga

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi

Ilustrasi Zakat Fitrah
Ilustrasi Zakat Fitrah | Foto: Foto : MgRol_92

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- SD Islam Terpadu Nur Hidayah Solo membagikan zakat fitrah berupa beras sebanyak 280 paket kepada masyarakat lingkungan sekitar pada Sabtu (8/5) pagi. Paket zakat fitrah tersebut dibagikan kepada 280 warga yang berhak menerima zakat di RT 01, 02, 03, dan 04 di lingkungan RW XI serta RT 01, 02 dan 03 di lingkungan RW XIII Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Solo.

Pembagian zakat fitrah dilaksanakan di selasar depan Ruang TU dan Ruang Kepala Sekolah. Demi menerapkan protokol kesehatan, panitia menyiapkan sejumlah titik tempat cuci tangan lengkap dengan air mengalir dan sabun, termometer tembak, hand sanitizer, dan tisu.

Pembagian zakat juga dijadwalkan agar tidak terjadi kerumunan. Warga berdatangan bergantian dengan mengenakan masker dan membawa undangan yang telah dibagikan panitia melalui pengurus RT dan RW setempat.

Mereka diarahkan uundangan ditukar dengan paket zakat fitrah yang telah disiapkan.ntuk mencuci tangan dan dicek suhu badan terlebih dahulu. Selanjutnya, 

Ketua Panitia Zakat Fitrah Ramadhan 1442 H SDIT Nur Hidayah, Muhammad Bisri, mengatakan, panitia telah melaksanakan pengumpulan zakat fitrah dari para siswa dan menyalurkan kepada warga yang berhak menerima di sekitar sekolah.

"Semoga zakat fitrah yang telah ditunaikan menjadi penyempurna ibadah puasa Ramadhan para siswa. Serta memberikan manfaat bagi warga yang menerimanya," ucapnya seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, Sabtu.

Salah satu warga RT 02 RW XI penerima zakat fitrah, Umbariyanto, mengaku sangat senang mendapatkan zakat fitrah dari SDIT Nur Hidayah. "Terima kasih, kegiatan ini sangat membantu warga, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Semoga ke depan kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan lagi," harapnya.

Kepala SDIT Nur Hidayah Solo, Waskito, menyatakan, sekolah yang dia pimpin memiliki agenda tahunan untuk bersilaturahim dengan warga di sekitar sekolah. Salah satunya melalui kegiatan pembagian zakat fitrah.

"Ini menjadi penerapan karakter peduli bagi warga sekolah, khususnya bagi para siswa. Utamanya di bulan Ramadhan dengan menunaikan zakat fitrah. Semoga semakin kokoh keshalihan pribadi dan keshalihan sosial warga sekolah," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Zakat Miliki Banyak Manfaat, Berikut Penjelasannya

Besaran Zakat Fitrah di Kota-Kota Besar di Jawa

Bolehkah Membayar Zakat Fitrah dengan Uang?

Lolos Penyekatan, 2 Pemudik Solo Positif Covid-19

Tempat Wisata Solo Dibuka, Gibran: Untuk Warga Soloraya Saja

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark