Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Lima Film Bertema Ibu yang Out of the Box

Sabtu 08 May 2021 11:35 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Salah satu adegan dalam film Mother asal Korea Selatan.

Salah satu adegan dalam film Mother asal Korea Selatan.

Foto: CJ Entertainment
Film Mother karya sutradara Bong Joon-ho menjadi salah satu rekomendasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ibu menjadi sosok yang banyak diangkat dalam sebuah film dengan berbagai penggambaran. Ada yang diceritakan dari sisi komedi, sebagai pembunuh dan ancaman, atau bahkan kasih sayang.

Jika kamu sedang mencari referensi film tentang ibu yang out of the box, kamu mungkin bisa menonton beberapa film berikut seperti direkomendasikan The New York Times, beberapa waktu lalu:

1. Ma (2019)

Ma adalah film thriller yang mengisahkan tentang Sue-Ann (Octavia Spencer) yang sangat haus akan balas dendam. Suatu hari, Ann dimintai tolong untuk membelikan minuman oleh sekelompok anak muda. Tidak hanya membelikan, dia lantas mengajak para remaja untuk berpesta di kediamannya di sebuah kota kecil yang sepi penduduk.

Sesampainya di rumah, Ann meminta agar para remaja itu memanggilnya dengan sebutan Ma. Ini pula yang menjadi awal dari malapetaka bagi remaja tersebut. Persoalan ras dan kesedihan menggarisbawahi film ini.

2. Madre (2020)

Film arahan Rodrigo Sorogoyen ini merupakan real life drama. Cerita dimulai ketika Elena (Marta Nieto) memutuskan untuk tinggal dan bekerja di dekat pantai barat daya Prancis, Vieux-Boucau-les-Bains, tepat 10 tahun setelah putranya Ivan (Jules Porior) hilang di pantai itu. Suatu hari, Elena melihat pemuda yang mirip dengan Ivan. Elena juga memperkirakan, jika Ivan masih hidup, usianya akan sama dengan pemuda itu.

Setelah mengikuti pemuda itu, Elena pun tahu bahwa namanya adalah Jean. Singkat kata, keduanya pun kian akrab dan menjalin sebuah hubungan. Tetapi hubungan yang intens itu mengarah pada konsekuensi yang menghancurkan. Film ini adalah thriller psikologis yang menegangkan sekaligus menyedihkan.

3. Mommy (2015)

Mommy berkisah tentang seorang ibu single parent bernama Diane (Anne Dorval) yang harus merawat putranya yang berusia 16 tahun dan mengidap ADHD bernama Steve (Antoine-Olivier Pilon). Film ini menitikberatkan pada perjuangan seorang ibu membesarkan anaknya, di tengah keadaan ekonomi yang juga pas-pasan.

Yang menarik, sutradara Xavier Dolan tidak mengarahkan film ini menjadi melankolis. Dia menjadikan film ini penuh konflik, pemberontakan, dan cinta menghiasi hubungan kompleks anak dan ibu tersebut.

4. Mother (2009)

Film yang satu ini diarahkan oleh sutradara kenamaan Korea Selatan, Bong Joon-ho. Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang ibu dan anaknya yang mengalami gangguan mental.

Konflik bermula ketika sang anak, Do-Joon (Won Bin) ditangkap polisi atas dugaan pembunuhan terhadap seorang pelajar. Sang ibu (Kim Hye-Ja) meyakini bahwa anaknya tidak terlibat dalam kasus tersebut. Dia pun harus berjuang untuk membebaskan anaknya dari jerat hukuman.

5. Mother! (2017)

Mother! Adalah film horor psikologis Amerika yang ditulis dan disutradarai oleh Darren Aronofsky. Film yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence dan Javier Bardem ini mengikuti seorang perempuan muda yang hidup tenang bersama suami dan anaknya. Namun, kehidupan mereka terganggu oleh datangnya tetangga yang misterius.

Perlahan demi perlahan, tetangga itu membuat ketenangan dan keintiman keluarga mereka menjadi luruh. Konflik mulai sering terjadi di keluarganya dan bahkan mengakibatkan kematian salah satu anak mereka. Kehidupan mereka terus menerus mengalami kegaduhan, ketegangan dan ancaman.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA