Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Lima Efek pada Tubuh Usai Minum Es Teh

Sabtu 08 May 2021 11:10 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Es teh manis (ilustrasi).

Es teh manis (ilustrasi).

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Es teh dapat menawarkan manfaat, di sisi lain juga memiliki efek samping.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat cuaca mendukung untuk menyeruput minuman dingin, banyak orang memilih es teh. Namun, minuman yang diseduh ini sering kali ditambahkan banyak pemanis.

Kendati minuman es teh dapat menawarkan manfaat, di sisi lain juga memiliki efek samping. Berikut dampaknya bagi tubuh, dikutip dari laman Eat This, Sabtu (8/5):

1. Menurunkan berat badan

Minum es teh hijau kemungkinan dapat menurunkan berat badan beberapa kilogram. Sebuah meta-analisis tahun 2009 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity (London) menemukan bahwa katekin, sejenis antioksidan yang berlimpah dalam teh hijau, dapat secara signifikan menurunkan berat badan atau mempertahankannya secara signifikan.

Di antara studi 2013 tentang orang dewasa dengan diabetes, konsumsi teh hijau tidak hanya dikaitkan dengan penurunan berat badan tetapi juga penurunan tekanan darah sistolik.

2. Menambah berat badan

Di samping menurunkan berat badan, konsumsi es teh bisa memberikan dampak sebaliknya tergantung minuman yang dipilih. Jika menambahkan gula, jangan heran apabila angka pada skala berat badan mulai bergerak ke arah yang salah.

Sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, konsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula, termasuk es teh, sangat terkait dengan penambahan berat badan.

3. Mengurangi risiko ginjal 

Minum es teh hijau dapat bermanfaat bagi ginjal. Investigasi klinis 2019 yang diterbitkan dalam International Journal of Urology menemukan bahwa konsumsi teh hijau dikaitkan dengan penurunan kemungkinan mengembangkan batu ginjal, terutama di kalangan pria.

4. Kesehatan mulut 

Ingin membuat bangga dokter gigi Anda? Salah satu efek samping yang menyenangkan dari minum es teh hijau adalah peningkatan kesehatan gigi. Sebuah studi komparatif yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology menemukan bahwa konsumsi teh hijau dikaitkan dengan risiko penyakit periodontal yang lebih rendah.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Apa yang Anda makan dan bagaimana cara berolahraga, bukanlah satu-satunya faktor yang menjaga kesehatan jantung. Tetapi apa yang Anda minum mungkin sama pentingnya dengan kesehatan kardiovaskular.

Menurut tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cardiology, teh hijau telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, menurunkan kolesterol total, menurunkan kadar lemak dalam aliran darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA