Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Biar Tampilan Tetap Modis, Intip Inspirasi Mix and Match Fashion Lebaran 2021

Sabtu 08 May 2021 23:50 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Baju Lebaran

Baju Lebaran

Tahun ini tidak beli baju baru buat lebaran tidak masalah

Tinggal menghitung hari, Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Untuk memeriahkan hari kemenangan tersebut, semua orang yang merayakan akan mempersiapkan segala kebutuhan di hari lebaran. Mulai dari menyuplai bahan makanan, kue atau camilan, dan yang tak boleh ketinggalan adalah baju baru.

Tak pandang usia, baik dari kalangan dewasa hingga anak kecil, akan mempersiapkan baju terbaik yang akan dipakai di hari lebaran. Wabah pandemi Covid-19 tak menjadi halangan, tak sedikit orang yang rela pergi ke mall, pusat belanja fashion atau belanja online untuk beli baju lebaran.

Berpenampilan dengan baju baru untuk menyambut para tamu di hari lebaran memang disunnahkan. Akan tetapi, jika tidak membeli baju baru juga bukan menjadi masalah. Anda masih bisa memakai baju lama yang kondisinya masih bagus.

Meski memakai baju lama, Anda bisa mix and match pakaian dan aksesoris lainnya. Dengan begitu, fashion Anda di hari lebaran menjadi lebih fresh dan pastinya kekinian.

Lantas, fashion apa saja yang bisa Anda kenakan saat lebaran?

Berikut inspirasi mix and match fashion lebaran kekinian yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

 

Inspirasi Mix and Match Fashion Lebaran 2021

1. Gamis atau Tunik Ruffle atau Cutting Lurus

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dwi Handayani Syah Putri (@dwihandaanda)

Busana muslim sangat berkaitan erat dengan gamis. Setiap wanita pastinya memiliki koleksi banyak gamis. Jika Anda memiliki koleksi gamis dengan model ruffle atau cutting lurus, tentunya bisa Anda pakai untuk lebaran di tahun ini.

Anda bisa menambahkan ikat pinggang yang sedang atau kecil tergantung dari ukuran tubuh Anda. Dengan ikat pinggang, tentunya akan membuat fashion menjadi lebih manis dan memberikan ilusi tubuh yang langsing. Pilihlah ikat pinggang berwarna hitam, coklat atau yang senada dengan warna gamis yang Anda miliki.

Selain gamis, model fashion ruffle atau cutting lurus ini juga biasanya tersedia pada tunik. Anda bisa memakai tunik dengan model yang sama di hari lebaran nanti. Anda hanya tinggal menambahkan celana panjang dengan warna yang senada pada tunik.

2. Blouse

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sinta Sri Antan (@sin.sr)

Blouse menjadi salah satu fashion item yang hampir semua wanita punya. Blouse ini tentunya juga bisa Anda kenakan pada saat menyambut tamu nanti. Selain terlihat simple, blouse tentunya akan lebih nyaman dan Anda bisa bergerak lebih bebas.

Pilihlah blouse terbaik menurut Anda, baik yang polos atau bermotif. Agar fashion blouse saat lebaran semakin terlihat cantik, kenakan celana panjang atau kulot dengan warna hitam atau putih atau senada dengan warna blouse.

Jika blouse bermotif maka pilihlah celana yang polos. Sementara blouse yang polos, Anda bisa memilih bebas antara yang motif atau polos.

Baca Juga: 5 Tips Fashion Hijabers Bertubuh Mungil Agar Terlihat Tinggi Semampai

3. Plisket

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sinta Sri Antan (@sin.sr)

Semenjak awal tahun, fashion plisket mulai digandrungi masyarakat terutama wanita muda. Sebelumnya plisket ini hanya tersedia pada rok saja, tapi sekarang ini sudah tersedia pada hijab atau pashmina hingga baju atau blouse.

Dengan plisket tentunya akan membuat fashion lebaran Anda menjadi kekinian. Namun, hindari pemakaian plisket dari kepala hingga kaki. Pilihlah salah satu fashion item plisket yang nantinya ingin Anda kenakan. Misalnya rok atau celananya saja, blouse dan hijab model biasa. Atau juga bisa mengenakan hijab dan rok plisket, sedangkan blousenya model biasa.

4. Outer Tank Top

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Inas Rana Fagastia (@inasrana)

Jika biasanya tank top digunakan untuk pakaian dalam, tapi sekarang ini tank top justru menjadi fashion item yang dikenakan sebagai outer. Kok bisa?

Outer tank top ini dimodif sedemikian rupa sehingga bisa menjadi fashion item yang sekarang ini viral digunakan anak muda. Dengan outer tank top juga membuat Anda tampil menjadi lebih stylish di hari lebaran.

Jika outer tangk top yang Anda miliki bermotif, maka mix and match dengan blouse yang polos. Begitu sebaliknya, jika outer tank top polos maka pilih blouse yang bermotif asalkan warnanya senada. Untuk bawahannya, Anda bisa mengenakan celana jeans, kulot atau rok sekalipun.

Baca Juga: Tren Fashion 2021 Bisa Jadi Ide Bisnis yang Menguntungkan, Mau? Simak Tipsnya

5. Korean Look

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by yure (@yurezalina)

Khusus untuk pecinta drakor, pastinya bukan makanannya saja yang menjadi tres, tapi fashionya juga tak kalah ketinggalan. Di hari lebaran nanti, Anda bisa mengenakan Korean look. Terdapat dua pilihan, yaitu tampil feminim atau juga bisa dengan tampil lebih santai.

  • Feminim dengan rok
Bagi yang ingin terlihat feminim dengan fashion Korean look, Anda bisa mengenakan rok panjang dengan model ruffle atau lurus dengan motif bunga-bunga kecil, kotak-kotak atau aksen beberapa kancing di bagian depan.

Dengan rok tersebut, Anda bisa mix dengan blouse yang disesuaikan dengan warna atau motif rok. Setelah itu, jangan lupa untuk masukan blouse tersebut ke dalam rok. Gunakan sepatu polos dan tambahkan slingbag sebagai pemanis penampilan.

  • Santai dengan fashion rajutan
Jika ingin terlihat santai di hari lebaran tapi tetap ingin tampil kekinian dengan gaya Korean look, Anda bisa mix and match outer rajutan dengan blouse dan celana panjang. Pastikan, outer rajutan ini menjadi fashion item yang utama, jadi blouse dan celana panjang usahan tidak bermotif.

Pilihlah warna yang netral dalam Korean look dengan rajutan ini. Misalnya saja, hitam dan putih, atau hotam putih dan coklat atau putih abu-abu atau hitam dan abu-abu. Korean look dengan rajutan ini tentunya bisa juga menjadi inspirasi fashion untuk pria di hari lebaran.

6. Warna Baju yang Tren

Bagaimanapun model baju, yang terpenting warna yang dipilih juga tidak menjadi masalah. Sebab, baju lebaran juga tidak harus berwarna putih. Anda juga bisa mengenakan baju untuk lebaran nanti berdasarkan warna baju yang sekarang ini sedang menjadi tren.

Terdapat beberapa warna yang menjadi tren fashion di 2021, antara lain abu-abu, kuning, biru, ungu atau lilac, hijau pastel, coral, dan pink. Mix and match warna tersebut dengan warna netral lainnya seperti hitam, putih, dan coklat.

Utamakan Hati yang Bersih

Di hari lebaran, tidak mengharuskan baju yang baru karena masih bisa mengenakan baju yang lama dan lakukan mix and match dengan tepat sehingga tampilan menjadi lebih fresh. Yang terpenting dari baju adalah mengutamakan hati yang bersih. Sebab, makna dari hari Raya Idul Fitri yang sebenarnya adalah kembali fitrah atau terbebas dari dosa seperti bayi yang baru dilahirkan kembali.

Baca Juga: Jangan sia-siakan Bulan Ramadhan, Yuk Dulang Pahala dengan Amalan Ibadah dan Kebaikan ini!

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA