Jumat 07 May 2021 23:18 WIB

Kickrate Luncurkan Website untuk Mudahkan UMKM Ekspor

Kickrate.com menyediakan jasa logistik ekspor-impor bagi perusahan di Indonesia

Kickrate.com menyediakan jasa logistik ekspor/impor khususnya bagi perusahaan internasional yang ingin memperbesar pasarnya ke Indonesia, atau yang biasa disebut Importer of Record (IoR). Kickrate juga dapat membantu UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan pasarnya ke kancah Internasional dengan program ekspornya atau yang juga disebut sebagai  Exporter of Record (EoR).
Foto: istimewa
Kickrate.com menyediakan jasa logistik ekspor/impor khususnya bagi perusahaan internasional yang ingin memperbesar pasarnya ke Indonesia, atau yang biasa disebut Importer of Record (IoR). Kickrate juga dapat membantu UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan pasarnya ke kancah Internasional dengan program ekspornya atau yang juga disebut sebagai Exporter of Record (EoR).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menurut data dari BPS yang dirilis pada Februari 2021, neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2021 mengalami surplus 1,96 miliar dolar AS. Adapun total ekspor Indonesia selama bulan lalu sebesar 15,30 miliar dolar AS dan total impor sebesar 13,34 miliar dolar AS. Data yang disajikan tersebut menunjukan betapa besarnya potensi ekspor/impor di Indonesia, sayangnya untuk UMKM belum banyak tersentuh oleh pertumbuhan ini.

UMKM seringkali masih terjebak di bagian proses logistik dan bea cukai (Customs Clearance). Atas dasar itu, lahir kickrate, startup yang bergerak pada bidang ekspor dan impor di Indonesia. Kickrate.com menyediakan jasa logistik ekspor/impor khususnya bagi perusahaan internasional yang ingin memperbesar pasarnya ke Indonesia, atau yang biasa disebut Importer of Record (IoR).

Kickrate juga dapat membantu UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan pasarnya ke kancah Internasional dengan program ekspornya atau yang juga disebut sebagai  Exporter of Record (EoR). 

Kickrate mendapatkan pendanaan seed investment dari investor yang berada dibawah naungan PT Singa Biru Investama sebesar Rp 2 miliar yang diharapkan mampu menyerap pasar ekspor/impor untuk dapat memperlancar perekonomian Indonesia di kancah internasional.

Direktur PT. Singa Biru Investama Marlissa Lahi menyatakan visi Kickrate sejalan dengan apa yang dimiliki perusahaannya. “Menurunkan hambatan masuk di setiap pasar berkembang” ujar Marlissa.

Untuk tahap pertama, Kickrate akan memfokuskan pasar pada regional Asia Tenggara. CEO Kickrate, Muhammad Yulianto, mengatakan meski saat ini fokus di Asilaa Tenggara, Kickrate akan terus mengembangkan bisnis ke pasar Asia lainnya dan Eropa.

Ia mengatakan Kickrate bukan hanya sekedar memindahkan atau mengganti proses administrasi semata, tapi juga membantu mengembangkan ekonomi Indonesia. Saat ini platform yang dimanfaatkan adalah platform website yang bisa di akses di www.kickrate.com disana tax calculator dan juga simulasi HS code.

Ia berharap dengan adanya platform ini pengerjaan kepabean dan perpajakan yang biasanya membutuhkan waktu dan usaha besar dapat menjadi sebuah proses yang lebih mudah. Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kontak email di [email protected] atau bisa langsung berkunjung ke alamat: Gedung Brooklyn, Tower A Lantai 10 unit i Alam Sutera, Tangerang Selatan Banten 15320.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement