Berikut Orang yang Wajib dan tak Wajib Zakat Fitrah

Rep: Meiliza Laveda/ Red: A.Syalaby Ichsan

 Jumat 07 May 2021 16:59 WIB

Umat Islam membayar zakat fitrah kepada amil zakat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Panitia Zakat Masjid Istiqlal mulai membuka layanan pembayaran zakat fitrah dengan pembayaran senilai Rp50 ribu atau 3,5 liter beras. Foto: WAHYU PUTRO A/ANTARA Umat Islam membayar zakat fitrah kepada amil zakat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Panitia Zakat Masjid Istiqlal mulai membuka layanan pembayaran zakat fitrah dengan pembayaran senilai Rp50 ribu atau 3,5 liter beras.

Hukumnya fardhu ain bagi mereka yang memenuhi syarat

REPUBLIKA.CO.ID, Menjelang Hari Raya Idul Fitri, umat Islam diharuskan membayar zakat fitrah. Nabi Muhammad Saw bersabda, “Wajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan, kepada orang yang merdeka, hamba sahaya, laki-laki, perempuan dari kaum Muslimin.” (HR Bukhari dan Muslim).

Muhammad Abdul Wahab dari Rumah Fiqih Indonesia mengatakan zakat fitrah hukumnya fardhu ain bagi mereka yang memenuhi syarat. Dalam hal ini, ada tiga syarat wajib. Pertama, dia adalah Muslim. Ketika dia beragama Islam, dia wajib membayar zakat fitrah. Syarat kedua adalah mampu.

“Bagi orang yang tidak mampu, tidak wajib bayar zakat fitrah. Nah, dalam ini ada batas mampunya,” kata Ustadz Muhammad dalam kajian Siapa yang Wajib Bayar Zakat Fitrah di kanal Youtube Rumah Fiqih.

Perlu disoroti, zakat fitrah berbeda dengan zakat mal. Zakat mal memiliki nisab atau syarat jumlah minimum. Ketika seseorang sudah melewati batas itu, maka ia wajib membayar zakat dan jumlah zakat mal jauh lebih tinggi. Misal, zakat emas. Orang wajib membayar zakat emas apabila dia sudah mempunyai emas 85 gram.

“Sementara kalau zakat fitrah ukuran mampunya cukup sederhana. Tidak perlu mempunyai harta sebesar nisab tapi dia cukup dikatakan mampu mempunyai kelebihan makanan selain untuk dirinya dan keluarganya pada malam hari dan hari raya Idul Fitri,” ujar dia.

Contohnya, jika seseorang dikatakan susah makan karena miskin tapi kebetulan saat hari raya mempunyai kelebihan makanan. Dia pun wajib membayar zakat fitrah. Sebab, zakat fitrah bertujuan untuk menzakati badan dan jiwa. Anak kecil pun jika dia beragama Islam wajib membayar zakat. Namun, dia tidak wajib membayar sendiri, bisa melalui orang tuanya.

“Syarat ketiga adalah orang itu merdeka dan bukan budak. Jadi, bagi siapa pun, entah anak kecil, orang dewasa, orang kaya, atau miskin, jika dia memenuhi tiga syarat tersebut wajib membayar zakat fitrah,” ucap dia. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X