UAS Jelaskan Lima Amalan Utama 10 Hari Terakhir Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 07 May 2021 07:34 WIB

UAS Jelaskan Lima Amalan Utama 10 Hari Terakhir Ramadhan. Umat muslim menunaikan Shalat Tahajud saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1442 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (3/5) dini hari. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud (malam) dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA UAS Jelaskan Lima Amalan Utama 10 Hari Terakhir Ramadhan. Umat muslim menunaikan Shalat Tahajud saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1442 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (3/5) dini hari. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud (malam) dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura

Rasulullah SAW bahkan mencontohkan menggiatkan ibadah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan yang penuh keutamaan adalah fasilitas yang diberikan Allah SWT untuk hambanya demi meraih Rahmat-Nya. Terlebih pada 10 hari terakhir bulan ini, Rasulullah SAW bahkan mencontohkan menggiatkan ibadah hingga mengamalkan banyak perbuatan baik.

Untuk memaksimalkan 10 hari terakhir ini, ada beberapa amalan utama yang bisa diamalkan seorang Muslim. Ustadz Abdul Somad (UAS) menjelaskan lima amalan utama pada 10 hari terakhir Ramadhan yang dijelaskan di saluran resmi Youtube miliknya, sebagai berikut.

Baca Juga

Mencari lailatul qadar

UAS menjelaskan amalan utama yang tidak boleh luput bagi seorang Muslim di 10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah mencari Lailatul Qadar. Mencari malam yang penuh berkah ini harus dilakukan dengan upaya maksimal, yakni dengan menghidupkan malam-malam di 10 hari terakhir Ramadhan.

“Nabi di 10 hari terakhir, dibangunkannya keluarganya, anaknya istrinya untuk sholat malam. Diikatkannya kainnya, artinya lebih khusyuk beribadah dibanding 20 malam yang telah berlalu. Yang selama ini tidurnya banyak, 10 malam ini diperbanyak ibadah,” katanya.

photo
Infografis Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar - (Republika.co.id)
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X