Jumat 07 May 2021 05:51 WIB

Masjid Menara Sehzade Warisan Seljuk Dibuka Kembali

Masjid Şehzade Korkut atau Masjid Menara Terpotong merupakan masjid bersejarah

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Sehzade Korkut
Foto: aa.com
Masjid Sehzade Korkut

IHRAM.CO.ID, ANTALYA -- Masjid Şehzade Korkut, yang terletak di pusat kota bersejarah di Antalya, akan dibuka kembali karena pemugaran hampir selesai. Masjid itu ditutup pada 1896 setelah terjadi kebakaran dahsyat sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Direktorat Yayasan Regional Antalya memulai proyek restorasi masjid tiga tahun lalu. Karena direstorasi secara menyeluruh, masjid ini mendapatkan kembali pesona aslinya. Struktur di kawasan Kaleiçi yang bersejarah, yang memiliki jejak peradaban Seljuk dan Ottoman di Antalya, menjadi simbol penaklukan ketika Seljuk menaklukkan Antalya dan mengubah bangunan tersebut menjadi masjid.

Baca Juga

Masjid tersebut diperbaiki ketika Şehzade (Pangeran) Korkut, putra Sultan Bayezid II, diangkat sebagai sanjak bey Teke selama periode Ottoman. Masjid diberi nama dirinya untuk menghormatinya. Namun, masjid ini ditutup untuk ibadah setelah rusak parah akibat kebakaran pada tahun 1896.

Setelah selesainya pemugaran untuk memperbaiki kerusakan sesuai dengan struktur aslinya, masjid akan dibuka kembali untuk beribadah pada 5 Maret 2021, bertepatan dengan hari jadi masjid tersebut, yakni hari penaklukan Antalya oleh Seljuk. Dengan demikian, masjid itu akan menyambut jamaah untuk pertama kalinya dalam hampir 125 tahun.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement