Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Alasan Sutradara Majid Majidi Tertarik Angkat Film Anak

Kamis 06 May 2021 20:31 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Majid Majidi mengangkat anak-anak dalam sejumlah filmnya.

Majid Majidi mengangkat anak-anak dalam sejumlah filmnya.

Foto: 2013.persianfilmfestival.com
Majid Majidi mengangkat anak-anak dalam sejumlah filmnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara ternama asal Iran, Majid Majidi, mengungkap sisi lain dari karya-karyanya. Sineas kelahiran 17 April 1959 itu menjadi narasumber pada sesi bincang santai di pembukaan Iranian Film Festival.

Majidi memiliki pandangan mulia mengenai anak-anak dalam sejumlah filmnya. Sebut saja Children of Heaven yang memenangkan Academy Awards 1998 untuk kategori film asing terbaik, juga The Song of Sparrows dan Sun Children.

Baca Juga

Menurut Majidi, anak-anak adalah elemen penting dan harta berharga untuk negara manapun. Pasalnya, anak-anak akan tumbuh menjadi generasi penerus yang akan membangun masa depan yang baik bagi bangsa tersebut.

Itu sebabnya Majidi senang membuat film yang memiliki keterkaitan dengan anak-anak. Tujuannya, agar dia bisa fokus mengangkat kondisi anak-anak di satu negara, tidak hanya di negaranya melainkan di seluruh dunia.

Dia prihatin karena saat ini ada sekitar 150 juta anak yang dimanfaatkan untuk bekerja keras di masa kecilnya. Majidi ingin kondisi itu dapat berubah menjadi lebih baik dan membuat suara anak dapat didengar di seluruh dunia.

Dalam karyanya, Majidi menggambarkan bahwa seorang anak tak akan pernah berhenti untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.  Demikian pula kebersihan hati, kejujuran, dan harapan yang dimiliki sosok anak.

"Di film Sun Children, para pemainnya adalah murni anak-anak yang memang betul mengalami kesulitan hidup, hidup di perempatan jalan misalnya. Penting sekali untuk seluruh dunia bisa melihat pesan ini," ungkap Majidi.

Sutradara Indonesia Riri Riza menjadi moderator dalam sesi bincang santai tersebut, yang bisa terus disimak di Klik Film. Selain sejumlah talkshow, kegiatan juga menyajikan 25 sinema terbaik Iran.

Klik Film menggelar Iranian Film Festival sejak 5 Mei sampai 20 Mei 2021. Sinema karya Majidi yang masuk dalam daftar nominasi Oscar 2021, Sun Children, juga menjadi sinema pembuka di kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA