Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mimin Retizen

Hot Isu: Tes Wawasan Kebangsaan KPK yang Kontroversial

Politik | Thursday, 06 May 2021, 14:17 WIB
Gedung KPK di Jakarta

Bingung mau nulis artikel apa saat ini? Nah, sobat Republika Blogger, saat ini salah satu isu hot yang banyak dibaca masyarakat Indonesia adalah soal tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai KPK yang kontroversial.

Ada 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan ini. Tes dilakukan terhadap 1.351 pegawai KPK.

Hasilnya, kata Komisioner KPK Muhammad Ghufron, sebanyak 1.274 pegawai lulus tes, dan sisa 75 pegawai tidak lulus.

Permasalahan muncul mulai dari pertanyaan-pertanyaan tes yang dinilai tidak masuk akal, soal-soal yang berpotensi mengadu domba umat beragama, tes cuma akal-akalan KPK untuk singkirkan pegawai-pegawai yang berintegrasi, hingga nasib puluhan pegawai yang tidak lulus tes.

KPK mengadakan TWK sebagai bagian dari revisi UU KPK yang dikritisi habis-habisan oleh publik. Dampak dari revisi itu, pegawai KPK kini beralih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Untuk itu dibutuhkan tes agar masuk kategori layak dan tidak lulus ASN. Sebelumnya sempat beredar di pers daftar nama-nama pegawai yang disebut tidak lulus uji TWK tersebut. Namun tidak ada pihak yang menyatakan daftar nama tersebut valid.

Lebih jauh tentang kontroversi TWK pegawai KPK ini, Kamu bisa berselancar di link ini: https://republika.co.id/tag/tes-pegawai-kpk

Yuk sampaikan sikap dan pendapat kamu soal tes kebangsaan KPK ini....

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image