Friday, 25 Jumadil Akhir 1443 / 28 January 2022

Polres Jakpus Fokus Awasi Mal Selama Libur Lebaran

Kamis 06 May 2021 01:45 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Esthi Maharani

Suasana pusat perbelanjaan Thamrin City di Jakarta, Senin (3/5/2021). Warga mulai mendatangi mal atau pusat perbelanjaan untuk berbelanja menyambut Idul Fitri 1422 Hijriah.

Suasana pusat perbelanjaan Thamrin City di Jakarta, Senin (3/5/2021). Warga mulai mendatangi mal atau pusat perbelanjaan untuk berbelanja menyambut Idul Fitri 1422 Hijriah.

Foto: Antara/Galih Pradipta
Fokus operasi di Jakarta Pusat adalah mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di mal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polres Metro Jakarta Pusat akan mengerahkan 1.500 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Jaya 2021 yang dimulai besok (6/5). Fokus operasi di Jakarta Pusat adalah mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan.

"Titik fokus di sentra-sentra ekonomi, sentra-sentra kegiatan masyarakat yang kita fokuskan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi usai apel pasukan Operasi Ketupat Jaya di Monas, Dabuy (5/5).

Hengki menjelaskan, Operasi Ketupat Jaya tahun ini fokusnya memang pada pencegahan penyebaran Covid-19. Berkaca pada tahun lalu, angka positif Covid-19 melonjak usai libur lebaran.

Selama operasi dilakukan, lanjut dia, petugas akan mengutamakan cara preemtif dan preventif, bukan sanksi. "Sebagaimana terjadi di Tanah Abang segala macam, pengalaman ini kita jadikan pelajaran. Preemtif artinya edukatif kita kepada masyarakat penerapan 3M dan juga preventif bagaimana kita memperkecil kesempatan orang berbuat kerumunan itu," ujarnya.

Hengki menjelaskan, operasi tahun ini akan diikuti 1.500 personel gabungan dari Polri, TNI, dan Satpol PP. Mereka akan disebar di tujuh posko untuk melakukan pengawasan selama 12 hari ke depan.

Baca juga : Pusat Perbelanjaan di Solo Diimbau Batasi Pengunjung

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA